Do'a dan Sedekah Keluarga yang Ditinggal Dapat Perlancar Jemaah Haji Beribadah di Tanah Suci

Do'a dan Sedekah Keluarga yang Ditinggal Dapat Perlancar Jemaah Haji Beribadah di Tanah Suci

Do'a dan sedekah keluarga jemaah haji di Indralaya, Ogan Ilir.-Ahmad Romawi-PALTV

OGAN ILIR, PALTV.CO.ID - Ribuan jemaah haji tiap tahunnya menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah dan Madinah.

Sebagain besar ulama berpendapat bahwa perjalanan jemaah haji yang sedang melaksanakan ibadah, baik dari keberangkatan hingga akhirnya kembali lagi ke tanah kelahiran masing-masing jemaah, haruslah dibarengi dengan do'a dari keluarga yang ditinggal.

Do’a keluarga yang ditingÄ£al ini biasa dipanjatkan dan dilakukan oleh keluarga besar jemaah haji yang ditinggal dengan secara berjemaah, yaitu berdo’a sesama sekeluarga besar maupun mengundang jiron tetangga di setiap hari Kamis malam Jum'at, setelah salat Maghrib maupun setelah salat Isya’.

Do’a bersama ini bisa dilakukan di rumah jemaah yang pergi haji maupun di rumah sanak keluarga, masjid dan musala terdekat rumah.

BACA JUGA:Bedanya SHM, HGB dan AJB Wajib Tahu Supaya Nggak Ditipu Gaes!

BACA JUGA:Tidur Romantis dengan Pasangan! Begini Cara Mengatur Lampunya


Do'a dan sedekah dari keluarga yang ditinggal diyakini dapat mempermudah dan memberi kekuatan jemaah haji beribadah di tanah suci.-Ahmad Romawi-PALTV

Do’a yang dibacakan ini biasanya mengucapkam zikir, salawat, pembacaan Surat Yasin, tahlil dan tahmit, bersyukur dan berdo’a kepada Allah SWT Sang Maha Kuasa.

Tujuan do’a berjemaah ini agar perjalanan ibadah jemaah haji yang sedang melaksanakan ibadah di tanah suci diberikan kemudahan, kesehatan serta kekuatan dalam menjalankan ibadahnya, hingga pada akhirnya dapat kembali lagi ke tanah air, berkumpul bersama keluarga tercinta.

Setelah memanjatkan do’a secara berjemaah, biasanya keluarga besar jemaah yang ditinggal akan mengajak jemaah yang ada di majelis atau tempat tersebut untuk makan secara bersama. Jamuan bisa berupa makanan berat seperti nasi dengan lauk pauknya atau sekedar makanan ringan.

Sebagain para ulama berpendapat bahwa zikir, salawat, do'a, dan ditutup dengan sedekah yang  ikhlas karena untuk mengharapkan ridho Allah SWT. Memohon guna kemudahan para jemaah yang sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci dapat diterima dan sampai kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Resiko Mencintai Seseorang Dengan Zodiak Sagitarius

BACA JUGA:Ini Alasan Mengapa Dianjurkan untuk Konsumsi Telur Rebus Setengah Matang, Nutrisi Lebih Banyak?


Selain keluarga besar jemaah haji, do'a dan sedekah biasanya juga dihadiri tamu undangan dan tetangga.-Ahmad Romawi-PALTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber