Bosch Ingin Menjadi Penyedia Perangkat Lunak Terkemuka Untuk Industri Otomotif Global

Bosch Ingin Menjadi Penyedia Perangkat Lunak Terkemuka Untuk Industri Otomotif Global

Bosch Ingin Menjadi Penyedia Perangkat Lunak Terkemuka Untuk Industri Otomotif Global-@kreasi orang-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Perusahaan peralatan mekanis Jerman, Bosch, bertujuan untuk menjadi pemasok perangkat lunak global terpenting bagi industri otomotif. Pengumuman tersebut disampaikan perusahaan pada Rabu (19 Juni).

Pasar perangkat lunak dan elektronik global akan tumbuh lebih cepat dibandingkan industri otomotif pada tahun 2030, kata para konsultan. “Kami juga ingin menjadi produsen mobil nomor satu di bidang ini,” kata Stefan Hartung, Ketua Dewan Robert Bosch GmbH di Bosch Tech Day 2024

Mengutip perkiraan McKinsey, Hartung mengatakan bahwa pasar otomotif global perangkat lunak. dan barang elektronik bisa mencapai 462 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp16.368) pada 2030, yang setara dengan pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 5,5 persen pada tahun 2019.

Selain perangkat lunak yang dikembangkan Bosch untuk digunakan dengan perangkat kerasnya, perusahaan juga telah banyak berinvestasi pada apa yang disebut perangkat lunak mandiri. “Pada akhir dekade ini, kami ingin perangkat lunak kami menghasilkan penjualan miliaran (USD),” kata Hartung, menekankan bahwa perangkat lunak adalah “salah satu landasan kesuksesan.”

BACA JUGA:Apakah ChatGPT aman digunakan? Apa yang perlu Anda ketahui

Xu menekankan bahwa dengan membina tim penelitian dan pengembangan di Tiongkok dan membangun rantai pasokan produk yang andal, Bosch bertujuan untuk mengekspor produk dan teknologi yang dikembangkan secara lokal ke belahan dunia lain, dan kemudian secara bertahap mengintegrasikannya ke pasar global. pasar dan juga mendukung aktivitas Bosch di bidang wilayah lain.

Pada Selasa 18 Juni 2024, Presiden Bosch China Xu Daquan dalam konferensi pers mengatakan bahwa perusahaannya yakin dengan prospek China sebagai pasar terbesar di luar Jerman. Ia menegaskan kembali komitmen Bosch untuk berinvestasi dalam teknologi baru dan berbagai solusi mobilitas pintar.

Dalam satu dekade terakhir, Bosch telah menginvestasikan sekitar 50 miliar yuan (1 yuan = Rp 2.255) atau 6,89 miliar dolar AS di pasar China, kata Xu, seraya menambahkan bahwa Bosch terus meningkatkan investasinya di China dengan berfokus pada elektrifikasi, otomatisasi, dan teknologi internet.

Xu menekankan bahwa dengan membina tim penelitian dan pengembangan (litbang) di China serta membangun rantai pasokan produk yang andal, Bosch menargetkan untuk mengekspor produk dan teknologi yang dikembangkan secara lokal ke seluruh dunia, kemudian secara bertahap mengintegrasikannya ke dalam pasar global dan juga mendukung fasilitas Bosch di wilayah lain. 


Bosch Ingin Menjadi Penyedia Perangkat Lunak Terkemuka Untuk Industri Otomotif Global--Foto: Instagram@antaranews

Secara organisasi, beberapa divisi individual sektor bisnis akan digambar ulang efektif 1 Januari 2024, dan semua divisi akan diberikan tanggung jawab horizontal dan lintas divisi juga. Dengan solusi mobilitasnya saja, tujuan Bosch untuk struktur baru ini adalah menghasilkan pendapatan penjualan lebih dari 80 miliar euro di seluruh dunia pada tahun 2029.

Gelombang pertama kendaraan yang ditentukan perangkat lunak diharapkan mulai pertengahan dekade

Salah satu pilar pertumbuhan ini adalah pasar perangkat lunak otomotif. Didorong oleh tren kendaraan yang ditentukan oleh perangkat lunak, pasar ini kemungkinan akan mencapai volume lebih dari 200 miliar euro pada tahun 2030.

Angka ini tiga kali lebih besar dibandingkan tahun 2020. Saat ini, pertumbuhan Bosch di pasar ini mencapai dua digit. Seluruh industri otomotif saat ini memberikan fokus yang lebih kuat pada pengembangan perangkat lunak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber