Tesla Ketar-Ketir? Hyundai dan Kia Siap Melawan di Pasar Mobil Listrik AS

Tesla Ketar-Ketir? Hyundai dan Kia Siap Melawan di Pasar Mobil Listrik AS

Tesla Ketar-Ketir? Hyundai dan Kia Siap Melawan di Pasar Mobil Listrik AS--Foto: Instagram@kiaq8

Hyundai Ioniq 5 menjadi mobil listrik terlaris Hyundai Group, dengan rekor penjualan Mei 2024 mencapai angka 4.449 unit. Secara akumulasi, dari Januari-Mei 2024, Ioniq 5 terjual sebanyak lebih dari 15.000 unit.

Seiring penjualannya yang terus meningkat, Hyundai juga akan membuat pabrik produksi kendaraan dan baterai di Amerika Serikat. Hyundai dikabarkan akan mengoperasikan pabrik EV dan baterai pertamanya di AS akhir tahun ini. Setelah beroperasi, Hyundai akan mulai merakit Ioniq 5 secara lokal, yang diharapkan juga memenuhi syarat untuk mendapatkan fasilitas kredit pajak.


Tesla Ketar-Ketir? Hyundai dan Kia Siap Melawan di Pasar Mobil Listrik AS--foto: instagram@ teslamotor

Dari merek Kia, model terlarisnya adalah Kia EV9. Kia diklaim telah menjual 7.766 SUV listrik itu hingga Mei 2024. Model ini sudah dirakit secara lokal di pabrik West Point, GA (Georgia) bulan lalu, dan berpotensi mendapatkan akses ke kredit pajak sebesar USD 7.500.

Produsen mobil terkemuka Korea Selatan Hyundai Motor Co. mengatakan bahwa mereka mencatat peningkatan penjualan sebesar 6 persen di Amerika Serikat (AS) pada Februari.

Total penjualannya mencapai 60.341 unit di pasar mobil terbesar dunia itu pada bulan lalu, dibandingkan dengan penjualan 57.044 unit pada tahun sebelumnya. 

Kenaikan ini didorong oleh meningkatnya model kendaraan ramah lingkungan, seperti kendaraan hibrida dan listrik.

“Penjualan kendaraan listrik dan hibrida plug-in Hyundai terus meningkat, dengan pertumbuhan signifikan dari tahun ke tahun,” kata CEO Hyundai Motor America Randy Parker dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA:Setidaknya 550 Jemaah Meninggal Selama Ibadah Haji 2024, Paling Banyak Warga Mesir

“Kami bangga atas pengakuan yang diterima oleh model kendaraan listrik dan hibrida plug-in kami dan tetap berkomitmen untuk menyediakan beragam produk kepada pelanggan kami," tambah dia.

Sementara itu, Kia Corp., anak perusahaan Hyundai Motor, menjual total 59.059 unit di AS bulan lalu, turun 3 persen dari 60.859 unit pada tahun sebelumnya. Demikian disiarkan Yonhap.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber