Raksasa Otomotif! Daftar Lengkap Produsen Mobil Global dengan Banyak Merek

 Raksasa Otomotif! Daftar Lengkap Produsen Mobil Global dengan Banyak Merek

Raksasa Otomotif! Daftar Lengkap Produsen Mobil Global dengan Banyak Merek--Foto: instagram@generalmotors_forza

Pada bulan Maret 2016, General Motors mengakuisisi Cruise Automation, sebuah startup mobil tanpa pengemudi di San Francisco, untuk mengembangkan mobil tanpa pengemudi.

2. Volkswagen Group (Jerman): 11 merek mobil

Gak Disangka, Ternyata 5 Perusahaan Ini Punya Banyak Merek Mobil Lho!carbuzz.com

Berkantor pusat di Wolfsburg, Jerman, Volkswagen Group merupakan perusahaan multinasional yang mendesain, memproduksi, dan memasarkan kendaraan penumpang, komersial, juga mesin sejak didirikan pada tahun 1937. Mungkin kamu mengenal Volkswagen melalui beberapa mobil ikoniknya seperti VW ‘Kodok’ Beetle atau VW Kombi.

Sayang tak banyak yang mengetahui bahwa Volkswagen Group ternyata rumah bagi banyak merek mobil premium di dunia. Perusahaan ini telah mengakusisi Audi dari Daimler-Benz sejak 1964, Lamborghini, Bugatti, dan Bentley pada tahun yang sama yaitu 1998, SEAT pada 1990, dan Porsche pada akhir tahun 2009.

Selain itu Volkswagen Group juga memiliki hak atas merek mobil dari perusahaan rekanan yaitu Jetta, Scania, dan MAN. Menariknya Volkswagen Group juga membeli saham mayoritas dari Suzuki Motor Corporation pada 15 Januari 2010.


Raksasa Otomotif! Daftar Lengkap Produsen Mobil Global dengan Banyak Merek--foto: Instagram@ford

3. Bayerische Motoren Werke Group (BMW, Jerman): 3 merek mobil

Berawal dari perusahaan pembuat mesin pesawat pada tahun 1918. Saat ini BMW Group menjadi salah satu perusahaan multinasional di industri otomotif yang terkemuka.

Pada tahun 1994 BMW Group pernah mengakuisisi perusahaan mobil Inggris yaitu Rover Group, perusahaan yang menaungi Rover, Land Rover, dan MG. Sayangnya pada tahun 2000 Rover Group mengalami kerugian besar dan BMW Group memutuskan untuk menjual perusahaan ini ke Ford Motor Company.

Pada tahun 2001 BMW Group bangkit dengan mendirikan satu merek mobil yang paling ikonik di dunia yaitu, MINI. Sebelumnya BMW Group juga telah mengakuisisi perusahaan Rolls-Royce Motor Cars Limited pada tahun 1998, perusahaan yang memproduksi mesin pesawat dan mobil mewah dari Inggris.

4. TATA Group (India): 5 merek mobil

TATA Group merupakan perusahaan multinasional asal India yang memiliki banyak lini usaha serta telah mengakuisisi banyak perusahaan besar di dunia. TATA Motors yang merupakan bagian dari TATA Group dalam industri bisnis otomotif menempati urutan keenam dari jajaran perusahaan kendaraan komersial terbesar di dunia.

TATA Motors tak hanya memproduksi dan memasarkan mereknya sendiri tetapi juga beberapa merek mobil yang telah diakuisisi oleh TATA Group. Mulai dari Daewoo, Hispano, hingga merek mobil mewah seperti Jaguar dan Land Rover yang dibeli dari Ford Motor Company.

5. Toyota Motor Corporation (Jepang): 7 merek mobil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: