Perbankan Ramai-ramai Tawarkan KPR Hijau : Bunga Lebih Rendah dari KPR Konvensional

Perbankan Ramai-ramai Tawarkan KPR Hijau : Bunga Lebih Rendah dari KPR Konvensional

Perbankan Ramai-ramai Tawarkan KPR Hijau : Bunga Lebih Rendah dari KPR Konvensional--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Sejumlah bank kini beramai-ramai menawarkan kredit pemilikan rumah (KPR) hijau atau green financing. Berbeda dengan KPR konvensional, KPR hijau ditujukan khusus untuk nasabah yang membeli properti dengan sertifikasi ramah lingkungan.

Meskipun masih relatif baru di Indonesia, potensi KPR hijau dianggap sangat besar oleh sejumlah bank. Potensi ini sejalan dengan meningkatnya permintaan KPR.

PT Bank Mandiri, misalnya, melihat peluang besar dalam KPR hijau terutama seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya lingkungan dan keberlanjutan.

Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto, menyatakan bahwa dengan dukungan yang tepat dari pemerintah, sektor keuangan, dan peningkatan kesadaran konsumen, KPR hijau bisa menjadi salah satu pilar penting dalam pembangunan berkelanjutan di masa depan.

BACA JUGA:Tantangan Penggunaan Mobil Listrik untuk Perjalanan Jauh di Indonesia

Aquarius menjelaskan bahwa KPR Hijau adalah fasilitas pembiayaan untuk nasabah yang membeli properti bersertifikasi bangunan hijau dari lembaga sertifikasi.

Dari sisi nasabah, perbedaannya terasa pada penetapan harga yang lebih baik dan ketentuan yang lebih longgar dibandingkan KPR konvensional.

Bank Mandiri menawarkan bunga KPR hijau yang lebih rendah dibandingkan KPR konvensional, yaitu mulai dari 2,70% fixed selama 3 tahun atau 3,70% fixed selama 5 tahun (berlaku hingga batas pencairan 30 Juni 2024).

Bank Mandiri juga telah bekerja sama dengan pengembang ternama dalam menyalurkan KPR hijau. Selain itu, Bank Mandiri mendukung target pemerintah untuk membangun 1 juta rumah hijau pada tahun 2030 dan mencapai 100% rumah bebas emisi karbon pada tahun 2050.

BACA JUGA:Polsek Tungkal Jaya Amankan JA Pencuri Buah Kelapa Sawit, 1 Pelaku Lain Masih Buron!

Konsep bangunan hijau ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Bangunan Gedung.

Aquarius juga menambahkan bahwa sejalan dengan kebijakan pemerintah, Bank Mandiri akan meningkatkan KPR hijau dengan menawarkan berbagai keuntungan seperti uang muka yang lebih rendah hingga 0% dan suku bunga KPR yang lebih rendah daripada KPR konvensional.

Selain itu, mereka akan meningkatkan kerjasama dalam ekosistem properti yang dikelola oleh Wholesale banking untuk menyediakan lebih banyak proyek perumahan yang masuk dalam kategori KPR Hijau.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga melihat potensi KPR hijau yang berkembang seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pemanasan global akibat emisi karbon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber