Dukung Optimalisasi Realisasi Pajak Daerah, Begini Langkah Pengawalan Kejari OKI

 Dukung Optimalisasi Realisasi Pajak Daerah, Begini Langkah Pengawalan Kejari OKI

Dukung Optimalisasi Realisasi Pajak Daerah, Begini Langkah Pengawalan Kejari OKI-foto/Novan Wijaya-PALTV

OKI, PALTV.CO.ID- Dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pendapatan asli Daerah dari pajak serta retribusi daerah Pemkab OI, Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ilir siap melakukan pengawalan.

"Bagian dari MoU Pemkab bersama Kejari OKI untuk memaksimalkan penerimaan pajak dan retribusi daerah. Fungsi jaksa akan memberikan pendampingan hukum di lapangan," Ungkap Kajari OKI, Hendri Hanafi pada rakor optimalisasi pajak daerah di Ruang Kerja Bupati OKI, Jumat, (7/6/24).

Masih kata Hendri pihaknya sudah memberikan pendampingan kepada pemerintah daerah dalam upaya ekstensifikasi maupun intensifikasi pajak dan retribusi.

"Kita ajak dialog para wajib pajak yang belum mau di pasang tapping box. Alhamdulilah mereka berkenan sehingga ada intensifikasi penerimaan," jelas dia.

BACA JUGA: Kandang Sapi Berkah Wak Godek Tawarkan Sapi Kurban Lokal dan Luar yang Berkualitas

Hendri menambahkan, secara teknis, Kajari OKI memberikan bantuan, pertimbangan, pelayanan dan tindakan hukum Lainnya dalam bidang pajak daerah, perdata dan tata usaha negara.

Ia meyakini dengan adanya pendampingan hukum secara berkelanjutan dari pihak kejaksaan, akan berkorelasi positif dengan peningkatan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

“Pada prinsipnya kami berharap jangan sampai wajib pajak menunggu proses penagihan, namun dapat secara aktif memenuhi kewajiban perpajakannya,” kata dia.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Kabupaten OKI, Herliansyah menjelaskan, pendapatan pajak dan retribusi merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang sah dan akan digunakan untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan.

"Realisasi pajak kita belum optimal, padahal pajak sumber penerimaan terbesar daerah yang digunakan untuk setiap program pembangunan daerah, oleh karena itu kita ingin optimalkan dengan bekerja sama dengan Kejaksaan,” kata Herli.


Dukung Optimalisasi Realisasi Pajak Daerah, Begini Langkah Pengawalan Kejari OKI-foto/Novan Wijaya-PALTV

Pj. Bupati OKI, Asmar Wijaya mengingatkan kepada BPPD serta OPD Pengelola Pajak  agar  kreatif dalam menyusun strategi dalam penagihan pajak. Agar timbul kesadaran pada masyarakat untuk membayar pajak.

"Harus memikirkan langkah-langkah tertentu, strategi dalam penagihan pajak  karena merupakan kewajiban warga negara kita,” kata Asmar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: