Ponsel, laptop, dan Perangkat Lainnya Adalah Bom Waktu di Cuaca Panas Ekstrem

Ponsel, laptop, dan Perangkat Lainnya Adalah Bom Waktu di Cuaca Panas Ekstrem

Ponsel, laptop, dan Perangkat Lainnya Adalah Bom Waktu di Cuaca Panas Ekstrem --free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Dengan suhu yang mencapai lebih dari 50 derajat di India utara, perangkat elektronik berisiko tinggi mengalami panas berlebih dan terbakar.

Berikut adalah cara untuk mencegah dan mengelola ancaman kebakaran dan memastikan keselamatan dari risiko elektorik yang overheat.

Baru-baru ini, Anda mungkin telah melihat beberapa laporan tentang insiden ponsel yang terbakar setelah mengalami panas berlebih atau video AC yang terbakar dan menghanguskan seluruh apartemen di masyarakat Noida.

Musim panas mencapai puncaknya dengan suhu melebihi 50 derajat di sebagian besar wilayah India utara. Ketika suhu meningkat selama Musim panas, bukan hanya manusia yang menderita, perangkat elektronik kita juga berisiko.

BACA JUGA: PLN Pastikan Pemulihan Listrik Pasca Balckout Sudah Capai 80 Persen

Dalam panas ekstrem, ponsel pintar, laptop, TV, dan bahkan AC bisa mengalami panas berlebih dan, dalam kasus yang parah, terbakar. Tapi mengapa perangkat bisa mengalami panas berlebih dan apa yang menyebabkan kebakaran?

Mengapa perangkat mengalami panas berlebih? Perangkat elektronik seperti ponsel pintar dan unit AC menghasilkan panas sebagai produk sampingan dari operasinya.

Ketika suhu sekitar tinggi, mekanisme pendingin dalam perangkat ini, seperti kipas dan heatsink, kesulitan untuk melepaskan panas secara efektif.

Ini bisa membuat perangkat mengalami panas berlebih, yang berpotensi merusak komponen internal dan menyebabkan kebakaran.

BACA JUGA: Kapolrestabes Palembang Apresiasi Kondisi Dinamis dan Kondusif Kota Palembang

Inilah alasan mengapa maskapai penerbangan melarang Anda membawa elektronik dan power bank dalam bagasi tercatat dan sebaliknya meminta Anda membawanya dalam bagasi kabin.

Jika disimpan dalam bagasi, perangkat dapat terbakar akibat perubahan tekanan atau suhu. Dalam kasus panas ekstrem, suhu udara yang tinggi dapat menyebabkan baterai dan komponen dalam gadget memanas dan terbakar.

Demikian pula, jika Anda menggunakan ponsel pintar atau laptop di dalam ruangan sekitar tengah hari, Anda mungkin akan melihatnya menjadi panas bahkan ketika tidak dinyalakan. Hal ini disebabkan oleh baterai di dalamnya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa perangkat mengalami panas berlebih:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber