Mobil Sering Mogok? Tune-Up Solusinya! Ini Penjelasan Lengkapnya!

Mobil Sering Mogok? Tune-Up Solusinya! Ini Penjelasan Lengkapnya!

Mobil Sering Mogok? Tune-Up Solusinya! Ini Penjelasan Lengkapnya!-freepik-freepik

4. Katup mesin

Seiring pemakaian, celah katup akan berubah. Bagi yang masih menggunakan penyetelan manual, maka celah katup harus disetel pada kerapatan di angka 0,1 hingga 0,3 mm. Terlalu rapat atau renggang celahnya, akan berdampak pada performa mesin.

5. Pengecekan pada Berbagai Fluida

Sebagai pemilik mobil, Anda juga harus memerhatikan dan mengecek seluruh fluida yang digunakan di dalam mobil seperti oli mesin, minyak rem, oli transmisi, oli power steering, hingga oli gardan.

6. Pengecekan pada Tegangan V Belt

V belt harus selalu dicek kondisi serta tingkat ketegangannya. V belt yang terlalu kendor harus segera di setel ulang, namun perlu diingat proses penyetelan tersebut hanya berlaku pada mesin yang memiliki tensioner manual (tensioner ulir).


Mobil Sering Mogok? Tune-Up Solusinya! Ini Penjelasan Lengkapnya!-freepik-freepik

7. Pengecekan serta Pembersihan pada Celah Busi

Meskipun celah busi sudah diatur dari pabrikan, namun karena penggunaan serta interaksinya dengan tekanan kompresi, maka kemungkinan celah busi mengalami perubahan itu tetap ada. Itulah mengapa Anda harus selalu mengecek dan membersihkan celah busi agar api yang keluar dari busi tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Kisaran biaya jasa tune up mobil

Untuk harga standar tune up mobil yang ditawarkan di bengkel umum biasanya berkisar antara Rp 350.000,00 hingga Rp 600.000,00. Harga tersebut akan menyesuaikan dengan perawatan atau proses pengecekan apa saja yang dilakukan pada mobil Anda.

Namun perlu diingat, harga tersebut biasanya belum termasuk dengan biaya untuk penggantian atau perbaikan komponen yang sudah rusak atau sudah tidak layak digunakan pada mobil Anda.

Sebagai pemilik mobil, Anda mungkin sudah akrab dengan istilah "tune-up". Tune-up mobil adalah proses pemeliharaan rutin yang bertujuan untuk memastikan kendaraan Anda tetap berfungsi dengan baik.


Mobil Sering Mogok? Tune-Up Solusinya! Ini Penjelasan Lengkapnya!-@jcomp-freepik

Meskipun beberapa kendaraan modern memiliki sistem yang lebih canggih dan tahan lama, tetap penting untuk melakukan tune-up secara teratur. Artikel ini akan membahas mengapa pergi ke bengkel tune up mobil begitu penting dan bagaimana itu dapat mempengaruhi performa dan keandalan kendaraan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber