Mobil Sering Mogok? Tune-Up Solusinya! Ini Penjelasan Lengkapnya!

Mobil Sering Mogok? Tune-Up Solusinya! Ini Penjelasan Lengkapnya!

Mobil Sering Mogok? Tune-Up Solusinya! Ini Penjelasan Lengkapnya!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Bingung dengan istilah tune-up mobil? Jika Anda membaca penjelasan detailnya, Anda akan memahami pentingnya pemeriksaan rutin.

Jika Anda memiliki mobil pasti tahu istilah car tune up kan? Proses ini adalah bagian terpenting dari perawatan rutin. Namun masih banyak kasus masyarakat yang belum mengetahui atau salah persepsi mengenai perbaikan kendaraan. Untuk itu menyediakan segala informasi terkait perawatan kendaraan Anda.

Penamaan

berasal dari dua kata bahasa Inggris: "Tune" dan "Up". Diterjemahkan dari istilah otomotif, istilah tune-up adalah prosedur perawatan kendaraan yang bertujuan untuk memulihkan dan meningkatkan kinerja mekanis.

Pasalnya, performa mesin dapat menurun selama penggunaan sehari-hari karena banyak faktor seperti kualitas oli pelumas, suhu tinggi, dan perawatan kendaraan.

BACA JUGA:Honda Brio Raja Jalanan City Car & LCGC - Tetap Favorit di Tahun 2024!

Prosedur tune-up mobil

Lantas, apa sajakah yang dilakukan saat tune-up? Umumnya, bengkel akan melakukan pembersihan dan penyetelan pada beberapa komponen mesin. Berikut komponen yang turut mendapatkan pemeriksaan kondisinya

1. Filter udara

Pertama adalah filter udara. Komponen satu ini rentan kotor akibat pemakaian. Jika kondisinya masih bagus, cukup dibersihkan. Namun jika filter sudah aus, maka diperlukan penggantian komponen.

2. Karburator atau throttle body

Selain itu, komponen seperti karburator atau throttle body (bagi mesin berteknologi injeksi) juga akan dibersihkan. Pada karburator juga akan dilakukan penyetelan ulang pada putaran mesin saat idle.

3. Tegangan aki mobil

Aki juga tak luput diperiksa. Normalnya, tegangan aki harus mencapai 12 volt ketika mesin mati dan 14 volt ketika mesin hidup. Jika di bawah itu, maka kondisi aki dianggap sudah tak fit lagi dan membutuhkan penggantian komponen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber