Porsche 911 Hybrid Pertama Memulai Debutnya dengan Tenaga 532 HP dan Harga Rp. 2,7 M

Porsche 911 Hybrid Pertama Memulai Debutnya dengan Tenaga 532 HP dan Harga Rp. 2,7 M

Porsche 911 Hybrid Pertama Memulai Debutnya dengan Tenaga 532 HP --Foto : tangkapan layar motor1.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Porsche baru saja mengungkapkan pembaruan pada generasi 992 dari model 911, dengan kejutan besar berupa peluncuran Carrera GTS bertenaga hybrid. Seperti biasanya, Porsche melakukan facelift pada mobilnya dengan penuh gaya, namun kali ini pembaruan pada sasis 992 membawa langkah yang lebih jauh. 

Model Carrera GTS untuk tahun 2025 ini menggabungkan mesin flat-six khas Porsche yang dipasang di belakang dengan motor listrik dan turbocharger elektrik, meningkatkan output menjadi 532 tenaga kuda dan torsi sebesar 449 pound-feet. Model ini dijadwalkan hadir sebelum akhir tahun.

Carrera GTS menggunakan mesin flat-six 3,6 liter yang baru, menggantikan mesin 3,0 liter lama yang masih digunakan pada model 911 lainnya. Mesin ini sendiri menghasilkan 478 tenaga kuda dan torsi 420 lb-ft, meningkat lima tenaga kuda dibandingkan dengan mesin GTS sebelumnya.

Sistem hybrid ini memungkinkan Porsche untuk menghilangkan setup twin turbo dan menggantinya dengan satu turbocharger elektrik. Turbocharger ini mirip dengan turbocharger gas buang tradisional namun memiliki motor 11 kW (14,7 tenaga kuda) pada poros antara turbin dan kompresor. Motor ini bisa memutar turbo dengan cepat untuk respons yang cepat, sangat meminimalkan turbo lag, tetapi juga dapat mengembalikan daya ke baterai 400 volt.

BACA JUGA:Mengejutkan ! Elon Musk Klaim Tesla Model 3 Baru Lebih Cepat dari Porsche 911

Terdapat juga motor traksi 32,6 tenaga kuda yang dipasang di antara mesin flat-six dan transmisi dual-clutch delapan percepatan. Keduanya digerakkan oleh baterai kecil 1,9 kWh yang ditempatkan di bawah kap depan, menggantikan posisi baterai 12 volt yang biasa ada di model 911 lainnya.

Baterai 12 volt kemudian dipindahkan ke kompartemen di belakang rak parcel belakang. Powertrain ini dirancang untuk meningkatkan performa di seluruh rentang putaran mesin sambil menjaga rasio udara-bahan bakar ideal 14,7:1 hampir sepanjang waktu.

Secara keseluruhan, Carrera GTS baru memiliki berat 103 pound lebih berat dibandingkan model sebelumnya, sebagian disebabkan oleh penambahan peralatan standar, termasuk sistem kemudi roda belakang. Namun, peningkatan daya lebih dari cukup untuk mengimbanginya. Ini adalah model 911 Carrera pertama yang menembus waktu 0-60 mph di bawah 3 detik, dengan catatan waktu 2,9 detik.

Selain sistem T-Hybrid, Carrera GTS juga dilengkapi dengan flap aerodinamis aktif baru di bagian depan untuk meningkatkan pendinginan tanpa mengorbankan drag. Bagian depan dan belakang mendapatkan sedikit perubahan gaya, terdapat pilihan roda baru, dan ban belakang bertambah 10 mm lebarnya menjadi 315/30ZR21, sementara ban depan tetap 245/35ZR20. Di dalam, perubahan terbesar adalah kluster instrumen digital sepenuhnya yang baru, yang berarti tachometer analog akhirnya hilang. Namun, kluster digital tetap menampilkan tachometer di tengah, seperti yang seharusnya pada 911.

BACA JUGA:Mobil Porsche Termahal Model Supercar Capai Rp 260 Miliar!

Model dasar Carrera juga diperbarui untuk tahun 2025 dengan turbo dan intercooler dari model GTS dan Turbo sebelumnya. Ada peningkatan sembilan tenaga kuda, tetapi torsi tetap sama di 331 lb-ft. Pembaruan facelift yang sama berlaku untuk Carrera dasar, namun fasia berbeda dengan yang ada di GTS dan tidak memiliki flap pendingin aktif.

Untuk tahun 2025, Carrera dasar dan Carrera GTS adalah satu-satunya model facelift yang tersedia, meskipun model lain akan menyusul. Porsche akan menawarkan Carrera dasar sebagai coupe penggerak roda belakang atau Cabriolet untuk sementara, sedangkan GTS akan tersedia sebagai coupe atau Cabriolet penggerak roda belakang atau semua roda, atau sebagai Targa penggerak semua roda. Model Turbo dan Turbo S serta GT3 RS juga akan terus ada untuk tahun 2025.

 

Harga Model Porsche 911 Tahun 2025:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: motor1.com