Penutupan Sriwijaya Expo 2024, Kaleidoskop Budaya dan Inovasi yang Menginspirasi

Penutupan Sriwijaya Expo 2024, Kaleidoskop Budaya dan Inovasi yang Menginspirasi

Gelaran Sriwijaya Expo Tahun 2024 Resmi Ditutup-foto/ilham wahyudi-PALTV

PALEMBANG,PALTV.CO.ID- Sriwijaya Expo 2024 yang digelar dalam rangka hari jadi Provinsi Sumsel ke 78 Tahun 2024 secara resmi berakhir. Penutupan dilakukan Pj Gubernur Provinsi Sumsel yang diwakili oleh Asisten 1 Provinsi Sumsel, Edward Candra, di halaman DPRD Sumsel, Selasa (28/5/2024) malam.

Penutupan Sriwijaya Expo 2024 kali ini ditandai dengan pemberian piagam penghargaan bagi para pemenang dengan masing-masing kategori stand terbaik Instansi Pemerintah Provinsi, kategori Instansi Kabupaten/Kota/ Dekranasda, Kategori BUMN, BUMD dan Perusahaan Swasta, kategori Perbankan.

Dalam sambutannya, Edward mengatakan, Sriwijaya Expo 2024 sebagai wujud upaya dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk menggerakan ekonomi masyarakat, juga sebagai sarana promosi guna memberikan informasi hasil pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

"Pemerintah saat ini mendorong perkembangan produk - produk unggulan yang tidak terlepas dari Sumsel, yang mana diketahui Sumsel memiliki banyak sumber daya dan potensi baik perkebunan, pertanian, kelautan, termasuk juga sektor pertambangan dan itu semua berasal semua potensi yang di 17 Kabupaten/Kota," ujar Edward Candra.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Layanan, Kemenkumham Sumsel Tinjau Akurasi SOP

Menurut Edward, hilirisasi merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah pada produk. Itu semua tidak hanya memerlukan potensi dari bahan baku, tetapi juga potensi dari SDM.

"50 UMKM yang dihadirkan telah dibimbing dan telah diverifikasi OJK hasil dari 1000 UMKM, merupakan bagian dari upaya untuk mengedukasi juga untuk meningkatkan kualitas dan kredibilitas produk mereka. Hal tersebut merupakan bagian dari proses hilirasasi," katanya.

Lebih lanjut Edward menjelaskan, sentuhan teknologi juga perlu kita karena saat ini semua sektor didorong kearah digitalisasi.


Gelaran Sriwijaya Expo Tahun 2024 Resmi Ditutup-foto/ilham wahyudi-PALTV

"Kita juga perlu mendorong bagaimana siklus pemasaran produk, karena inti dari kemajuan UMKM adalah bagaimana cara pemasaran ini bisa diandalkan oleh setiap UMKM," terangnya.

Dia berharap, dengan berakhirnya Sriwijaya Expo 2024 ini seluruh stakeholder untuk terus berkarya serta berinovasi dalam rangka menghasilkan produk - produk unggulan masing - masing.

"Diharapkan seluruh stakeholder untuk selalu berkarya dan berinovasi menghasilkan produk - produk unggulan, sehingga dapat mempercepat proses kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Neng Muhaibah mengatakan, pada gelaran Sriwijaya Expo 2024 antusias masyarakat sangat tinggi untuk berbelanja produk - produk Sumsel.


Gelaran Sriwijaya Expo Tahun 2024 Resmi Ditutup-foto/ilham wahyudi-PALTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: