CVT ! Transmisi Andalan Terdapat Pada Mobil Terbaru. Bisa Menguntungkan juga Bisa Menyulitkan. Simak Ulasannya

CVT ! Transmisi Andalan Terdapat Pada Mobil Terbaru. Bisa Menguntungkan juga Bisa Menyulitkan. Simak Ulasannya

CVT ! Transmisi Andalan Terdapat Pada Mobil Terbaru. --Gambar : Tangkapan Layar youtube.com/@FtShareID

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pernahkah Anda mendengar kata CVT ? Mengapa CVT kerap kali di sangkut pautkan dengan dunia digital ? Untuk mengulas ini, mari kita lihat tulisan dibawah ini.

CVT merupakan singkatan dari  dari Continuously Variable Transmission. Sistem transmisi ini memanfaatkan sepasang katrol dengan diameter yang bisa berubah dan sabuk atau rantai untuk menghasilkan rasio roda gigi yang tak terbatas. 

Popularitas CVT meningkat berkat efisiensinya, meskipun untuk kinerja optimal dan umur panjang, diperlukan penggunaan cairan CVT khusus.

Jika kita ulas mengenai cara kerja dari mesin CVT ini, komponen ini cukup terbilang mumpuni. Hal ini dapat kita lihat dari lansiran Amsoil, dimana  jika para konsumen ingin membeli sebuah mobil maka hal pertama yang harus dipertimbangkan ialah mengenai transmisi otomatis atau manual tradisional, yang umumnya terdiri dari tiga hingga enam gigi tetap (ditambah gigi mundur). 

BACA JUGA:Pengguna Motor Matic Harus Merawat CVT, Ini Cara Mudah agar Motor Tetap Maksimal!

Transmisi jenis ini beroperasi dalam satu gigi pada satu waktu, dan setiap pergantian gigi biasanya disertai dengan sedikit lonjakan akibat perbedaan daya yang ditransmisikan.

Namun, pada CV Tmesin ini menyediakan rasio gigi yang tak terbatas melalui penggunaan sabuk atau rantai yang menghubungkan dua katrol, yang mengendalikan transmisi daya dari mesin ke roda. Sabuk tersebut dirancang dengan alur berbentuk V yang sesuai dengan bentuk katrol, dan mengubah rasio gigi efektif dengan bergerak lebih dekat atau lebih jauh. Ketika diameter katrol berubah, sabuk bergerak sepanjang alur, memungkinkan transfer gaya rotasi dari katrol input ke katrol output.

 

Kelebihan dan Kekurangan dari CVT

Berbicara soal mesin CVT ini tentunya mesin ini memiliki kelebihan yang sering jadi perhatian namun mesin inipun juga tak luput dari kekurangan hal ini dapat kita lihat dari efisiensi bahan bakar dari CVT.

BACA JUGA:Pentingnya Komponen Roller Pada CVT Motor Matic dan 9 Tips Perawatan yang Dapat Dilakukan!

 

Kelebihan CVT

Dilansir dari Maxwellford, CVT tidak seperti transmisi otomatis pada umumnya, CVT mampu mengubah rasio roda gigi secara kontinu untuk memastikan mesin beroperasi pada efisiensi puncak. Secara umum, semakin banyak gigi yang tersedia dalam transmisi otomatis, semakin optimal tenaga mesin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber