Langkah Menghemat Bahan Bakar Motor Saat Keadaan Genting

Langkah Menghemat Bahan Bakar Motor Saat Keadaan Genting

Langkah Menghemat Bahan Bakar Motor Saat Keadaan Genting--free pik.com

8. Gunakan Oli Berkualitas

Pelumas atau oli memiliki peran penting dalam menjaga kinerja mesin. Penggunaan oli berkualitas buruk atau oli bekas dapat menurunkan performa motor, membuat tarikan motor lebih berat, dan konsumsi bahan bakar meningkat. Gantilah oli setiap 2.000 km hingga 3.000 km.

9. Gunakan Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Selain oli, jenis bahan bakar yang digunakan juga sangat berpengaruh. Bahan bakar dengan oktan tinggi, minimal 92, memang lebih mahal, tetapi lebih efisien dan membuat motor lebih irit dibandingkan bahan bakar dengan oktan rendah. 

BACA JUGA:Metode Menyimak Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Terdeteksi

10. Kenali Spesifikasi Kendaraan Anda

Setiap produsen motor menciptakan produknya dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan motor yang irit bahan bakar, Anda harus mengetahui spesifikasinya.

Beberapa motor memang dirancang khusus untuk efisiensi bahan bakar. Contohnya, Suzuki menerapkan prinsip Light Efficient and Powerful (LEaP) yang menciptakan aliran udara dan gas bahan bakar lebih efisien, serta desain motor yang lebih ringan sehingga mengurangi hambatan mekanis.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa menghemat bahan bakar motor dengan lebih efektif. Tidak hanya menghemat pengeluaran, tetapi juga menjaga lingkungan tetap bersih.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber