Langkah Menghemat Bahan Bakar Motor Saat Keadaan Genting

Langkah Menghemat Bahan Bakar Motor Saat Keadaan Genting

Langkah Menghemat Bahan Bakar Motor Saat Keadaan Genting--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Mengemudi di kota besar sering kali membuat kita merasa boros  bahan bakar. Kemacetan lalu lintas yang tinggi menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat, yang pada akhirnya membuat pengeluaran bulanan juga melonjak.

Bagaimana cara menghemat bensin motor meskipun digunakan setiap hari? Jika Anda sedang mencari cara efektif untuk berhemat bahan bakar dan  beberapa tips berikut bisa menjadi solusi yang tepat.

10 Tips Efektif Menghemat Bensin Motor

Bahan bakar adalah elemen utama yang membuat motor bisa beroperasi. Tanpa bahan bakar, tenaga tidak akan dihasilkan. Untuk menghemat bahan bakar, beberapa kendaraan bahkan diatur secara khusus.

BACA JUGA:Peluncuran Aion Y Plus Langkah Baru dalam Industri Kendaraan Listrik Indonesia

Sayangnya, kendaraan yang diatur tersebut biasanya tidak bisa melaju dengan cepat. Agar Anda tetap nyaman berkendara tanpa khawatir akan pengeluaran yang membengkak, berikut beberapa cara menghemat bensin motor yang bisa Anda coba.

1. Perbaiki Cara Berkendara

Contohnya, jika Anda sering mengerem mendadak atau menarik gas berlebihan. Sebaiknya, buka gas secara perlahan dan jaga kecepatan tetap konstan. Rem hanya saat diperlukan, seperti dalam situasi darurat, untuk menghemat suplai bensin.

Mengemudi dengan stabil adalah cara yang tepat untuk menghemat bahan bakar. 

2. Hindari Memanaskan Motor Terlalu Lama

Memanaskan motor memang penting untuk menjaga mesin tetap bekerja, terutama jika motor jarang digunakan. Biasanya, kegiatan ini dilakukan pada pagi hari sebelum berangkat kerja. 

BACA JUGA:Korban Selamat Dari Kecelakaan Maut di Simpang Flyover Sukarami Dirujuk ke RSUP M Husein

3. Rutin Membersihkan Filter Udara

Filter udara memiliki peran penting dalam menentukan efisiensi bahan bakar. Filter ini bertugas menjaga agar udara yang masuk ke ruang bakar dalam kondisi bersih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber