Hari Raya Waisak 2023: Borobudur Menjadi Tujuan Akhir Perjalanan Thudong

Hari Raya Waisak 2023: Borobudur Menjadi Tujuan Akhir Perjalanan Thudong

Para biksu Buddha asal Thailand melakukan Thudong menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.--instagram.com/@frankysupriyanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Memperingati Hari Waisak bagi seluruh penganut agama Buddha. Semua umat Buddha di seluruh belahan dunia tentunya bersorak sorai menyambut dan merayakannya. Tak terkecuali para Buddhist di Asia. Sebanyak 32 orang biksu asal Thailand mengikuti Thudong atau wisata religi.

Kegiatan ini bermula pada 23 Maret lalu di Nakhon Si Thammarat, Thailand. Dari negara Gajah Putih ini, para biksu beranjak ke Malaysia dengan waktu tempuh Sepuluh hari. 

Kemudian mengarungi daratan Malaysia selama 29 hari menuju ke Indonesia. Sekerumun Buddhist (sebutan untuk pemeluk agama Buddha) ini sampai ke Batam pada 8 Mei yang kemudian memboyongnya ke Jakarta melalui jalur udara.

Sesampainya di Jakarta, mereka melanjutkan pengembaraannya menuju candi Borobudur yang letaknya berada di Magelang Jawa Tengah melalui Jalur Pantai Utara (Pantura).

BACA JUGA:Viral Modus Baru Pencurian Menutup Lubang di Mesin ATM, Uang Menumpuk Tidak Bisa Keluar

BACA JUGA:Inilah Khasiat Okra bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Mencegah Penyakit Kanker dan Penuaan Kulit


Toleransi dan keramahan rakyat Indonesia menyambut rombongan biksu Buddha asal Thailand yang menjalani laku Thudong dengan tujuan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.--instagram.com/@buddhazine

Diketahui sebelum beranjak dari Jakarta menuju Magelang, para biksu mengikuti acara pelepasan oleh Dirjen Bimas Kementerian Agama RI pada 11 Mei 2023.

Usaha tidak mengkhianati hasil, para biksu tiba di Candi Borobudur pada 1 Juni 2023 lalu. Suasana nampak ramai oleh masyarakat sekitar candi dan domestik. Penyambutan tersebut membuat para biksu tersanjung, bahkan Indonesia disebut sebagai Negara Teramah yang mereka lalui.

Dalam ungkapan Ketua Thudong Internasional, Welly Widadi, semua biksu ini sudah siap baik dari fisik maupun psikis. Sehingga para biksu akan dengan khidmat menjalani wisata religi yang membutuhkan banyak tenaga ini.

Ia membeberkan kalau para biksu akan meninggalkan Indonesia setelah hari puncak perayaan Waisak pada 4 Juni mendatang. Namun sebelum bergegas, mereka haru mengikuti berbagai kegiatan lainnya, yakni pada 3 sampai 4 Juni akan diadakan rangkaian ritual Tri Suci Waisak 2567 BE. Kemudian pada 5 Juni akan berziarah ke Candi Plaosan yang berada di Klaten.

BACA JUGA:Rutin Konsumsi Ini Agar Kulitmu Glowing Layaknya Artis Korea

BACA JUGA:Alas Purwo, Hutan Indah yang Dikenal Sebagai Kerajaan Alam Goib di Indonesia

Selanjutnya mereka akan balik ke Jakarta pada 6 Juni yang kemudian berpulang ke negara masing-masing pada 7 sampai 8 Juni 2023 mendatang dari Bandara Soekarno Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber