Minim Minat dan Sepi Pengunjung, Museum Pos Indonesia di Bandung Sejarah Komunikasi Terlupakan

Minim Minat dan Sepi Pengunjung, Museum Pos Indonesia di Bandung Sejarah Komunikasi Terlupakan

Minim Minat dan Sepi Pengunjung, Museum Pos Indonesia di Bandung Sejarah Komunikasi Terlupakan--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Museum Pos Indonesia terletak di Bandung, Jawa Barat, adalah salah satu destinasi bersejarah yang idealnya banyak dikunjungi masyarakat. Namun, tetap saja yang namanya museum bukanlah satu destinasi yang diimpikan, kecuali orang berkepentingan atau yang mencintai sejarah.

Padahal museum Pos Indonesia ini dapat membawa pengunjung pada perjalanan melintasi waktu dan perkembangan teknologi komunikasi.

Museum ini bukan hanya tempat yang ideal bagi para penggemar sejarah, tetapi juga menjadi pusat edukasi yang seharusnya menarik bagi segala usia.

Dengan demikian, Museum Pos Indonesia membantu masyarakat untuk memahami peran vital komunikasi dalam perkembangan sosial dan budaya di Indonesia.

BACA JUGA:5 Tips Memilih Warna Mobil agar Tidak Salah Pilih!

Museum Pos Indonesia memiliki latar belakang sejarah yang kaya dalam menjaga warisan komunikasi di Indonesia.

Museum ini didirikan pada masa Hindia-Belanda pada 27 Juli 1920 dengan nama Museum Pos, Telegraph, dan Telepon (PTT).

Meski didirikan pada tahun 1920, museum ini baru dibuka untuk umum pada tahun 1931. Bangunannya yang megah dirancang oleh arsitek Ir. J. Berger dan Leutdsgebouwdienst dengan gaya arsitektur renaisans yang elegan.

Seiring waktu, museum ini mengalami beberapa perubahan nama. Pada 20 Juni 1995, namanya diubah menjadi Museum Pos dan Giro, mengikuti perubahan dalam perusahaan yang mengelolanya.

BACA JUGA:Inilah Faktor-Faktor Yang Mungkin Menyebabkan Kecelakaan Helikopter Presiden Iran

Ketika PT. Pos Indonesia (persero) merubah nama perusahaannya, museum ini juga mengikuti perubahan tersebut dan menjadi Museum Pos Indonesia, sesuai dengan nama perusahaan yang baru.

Museum ini berperan penting dalam mengumpulkan dan memamerkan berbagai koleksi yang mencakup perangko, surat-surat bersejarah, mesin timbangan langka, dan banyak lagi.

Koleksi-koleksi ini menggambarkan perkembangan komunikasi dari masa ke masa, menjadikan Museum Pos Indonesia sebagai destinasi yang menarik bagi mereka yang ingin memahami sejarah komunikasi dan peran penting pos dalam menghubungkan masyarakat di Indonesia.

Museum Pos Indonesia berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber