Inilah Faktor-Faktor Yang Mungkin Menyebabkan Kecelakaan Helikopter Presiden Iran

Inilah Faktor-Faktor Yang Mungkin Menyebabkan Kecelakaan Helikopter Presiden Iran

Inilah Faktor-Faktor Yang Mungkin Menyebabkan Kecelakaan Helikopter Presiden Iran--ig.com/@raisi

Helikopter yang jatuh di Iran adalah Bell 212, versi sipil bermesin ganda dari "Huey" UH-1 yang populer selama Perang Vietnam pada 1960-an dan 70-an.

Menurut Aviation Safety Network, yang mengelola basis data kecelakaan pesawat, Bell 212 dan pesawat sejenisnya telah mengalami sekitar 30 kecelakaan sejak 2017, delapan di antaranya menyebabkan korban jiwa.

Bell 212 di Iran mungkin dibeli pada 1970-an ketika Shah masih berkuasa, sebelum Revolusi Islam 1979, menurut The National, harian berbahasa Inggris yang dikelola pemerintah Uni Emirat Arab.

Sanksi AS

Setelah Shah digulingkan, Iran terus menggunakan banyak pesawat buatan AS namun menghadapi kesulitan mendapatkan suku cadang karena sanksi Amerika.

BACA JUGA:Yuk, Kenali Manfaat dan Panduan Diet Ketogenik untuk Epilepsi

Menurut Mehr News Agency, pada Maret lalu, deputi departemen ilmiah pengembangan ekonomi berbasis pengetahuan Iran, Javad Mashayekh, mengatakan bahwa Iran akhirnya menjadi mandiri dalam memasok suku cadang pesawat.

Sebelumnya, Iran sangat bergantung pada sumber asing untuk suku cadang tersebut dan sanksi AS yang diberlakukan terhadap program nuklir Iran menyebabkan tantangan dalam hal ini.

Kourosh Ziabari, seorang jurnalis, menulis dalam komentar yang diterbitkan oleh Gulf International Forum bahwa "industri penerbangan Iran telah dirusak oleh pengabaian selama bertahun-tahun, kurangnya investasi, dan sanksi-sanksi yang melelahkan," sehingga "kecelakaan terus terjadi dan standar keselamatan transportasi udara terus menurun."

Penyebab Misterius

BACA JUGA:Ulasan Infinix GT20Pro: Ponsel Gaming dengan Solusi Pendinginan Unik

Tidak ada indikasi langsung bahwa sabotase mungkin menjadi faktor dalam kecelakaan helikopter di Iran. Namun, penggunaan "kecelakaan" penerbangan untuk melenyapkan pemimpin nasional atau saingan politik pernah dicurigai di masa lalu.

Pada Agustus lalu, Yevgeny Prigozhin, kepala kelompok tentara bayaran Wagner Rusia, tewas ketika jet pribadinya jatuh di luar Moskow. Banyak yang percaya penghancuran pesawat tersebut diperintahkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pada April 1994, Presiden Rwanda Juvénal Habyarimana, seorang suku Hutu, terbunuh ketika pesawatnya ditembak jatuh oleh sebuah rudal, memicu genosida Rwanda. Penyelidikan tidak membawa tuntutan terhadap para tersangka pelaku.

Pada 1988, Presiden Pakistan Muhammad Zia-ul-Haq tewas ketika pesawat angkut C-130 yang ia tumpangi tiba-tiba jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara di kota Bahawalpur, Pakistan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber