Masya' Allah, Ibadah Ini Diganjar Sesuai Jumlah Bulu Hewan

Masya' Allah, Ibadah Ini Diganjar Sesuai Jumlah Bulu Hewan

Sapi jenis Brahman pilihan untuk ibadah qurban.--Paltv

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Memasuki bulan Dzulhijjah, umat Muslim mesti mengetahui pada bulan tersebut terdapat ibadah yang pahalanya diganjar sesuai jumlah bulu hewan.

Ibadah tersebut adalah berkurban, ibadah yang diperintahkan bagi Muslim sesuai perintah dalam Kitab Suci Al Qur'an Surat Al Kautsar ayat 1-2.

Allah SWT berfirman:

 إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

BACA JUGA:5 Syarat yang Wajib Diketahui Calon Pengkurban Agar Ibadahnya Sah

BACA JUGA:Tehnik Mencangkok Pepaya, Pohon Pendek Berbuah Lebat, Berikut Caranya 

'Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Oleh karena itu dirikanlah salat karena Rabbmu dan berkurbanlah.'

Nah untuk berkurban terdapat sejumlah Hewan yang disyariatkan, di antaranya domba, kambing, sapi, dan unta. Terus, bagaimana besaran pahalanya? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA:McDonald's Berkolaborasi Menu Baru dengan Gril Group ‘New Jeans’

BACA JUGA:Tidak Bisa Hadir Di Konser Born Pink Osaka, Jisoo BlackPink Positif Covid-19

Ada hadis baginda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ahmad serta Ibnu Majah Dari Zaid Ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah, apakah qurban itu?” Nabi Muhammad SAW menjawab: “qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.”

Sahabat kemudian kembali bertanya: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Baginda Nabi Muhammad SAW menjawab: “Setiap satu bulu adalah satu kebaikan.

Kemudian para Sahabat kembali bertanya: "Bagaimana dengan bulu-bulunya?" Rasulullah langsung menjawab: "Setiap satu helai bulunya juga satu merupakan kebaikan”.

Dengan hadist di atas maka setiap pengkurban akan diganjar pahala dengan banyaknya jumlah bulu yang terdapat pada hewan yang dikurbankan. Oleh karena itu, penyembelihan hewan kurban di hari Iduladha merupakan ibadah yang dianjurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber