Memeriksa Komponen Kaki-Kaki Mobil dan Status Kondisi

Memeriksa Komponen Kaki-Kaki Mobil dan Status Kondisi

Memeriksa Komponen Kaki-Kaki Mobil dan Status Kondisi --Foto : instagram@katrosgarage

Lower arm pada dasarnya merupakan komponen berbahan metal yang cukup kuat. Namun, lower arm memiliki dua buah karet bushing di depan dan belakangnya.

Karet-karet inilah yang kerap mengalami penurun kondisi seiring usia pemakaian. Untuk mengetahui kondisinya bisa dilakukan pengecekan visual. Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa menggoyang-goyangkan sambungan bushing tersebut dengan bantuan besi pengungkit.

Jika karet-karet bushing tersebut sudah rusak maka sebaiknya segera lakukan penggantian. Karet bushing untuk beberapa mobil hanya dijual satu paket dengan lower arm-nya. Hal ini akan membuat biaya penggantian lebih mahal. Pengecekan lower arm akan lebih mudah jika mobil berada di atas car lift.

BACA JUGA:Strategi Pemerintah Indonesia dalam Mendorong Mobil Listrik

 

8. Bushing Trailing Arm

Komponen kaki-kaki mobil yang disebutkan di atas memang terpusat pada roda depan. Lantas, bagaimana dengan roda belakang?

Hal yang bisa dilakukan antara lain pengecekan laher dengan cara yang sama dengan roda depan. Namun, selain itu roda belakang juga memiliki komponen trailing arm yang fungsinya mirip lower arm, menghubungkan roda ke sasis. 

Nah, trailing arm memiliki karet-karet bushing yang juga perlu dicek. Caranya mirip dengan pengecekan ball joint, yaitu menggerakkan roda ke arah atas dan ke bawah.

Jika karetnya sudah rusak maka akan terasa oblak. Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan langsung pada lokasi bushing tersebut menggunakan besi pengungkit.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber