Memeriksa Komponen Kaki-Kaki Mobil dan Status Kondisi

Memeriksa Komponen Kaki-Kaki Mobil dan Status Kondisi

Memeriksa Komponen Kaki-Kaki Mobil dan Status Kondisi --Foto : instagram@katrosgarage

5. Ball Joint

Posisi ball joint bisa bisa ditemui di bawah tie rod, tapi keduanya tidak berhubungan secara langsung. Faktanya ball joint adalah komponen yang menghubungkan roda ke sasis kendaraan atau lebih tepatnya lower arm.

Sesuai namanya, ball joint memiliki bentuk semacam bola, tapi tidak akan terlihat dari luar karena tertutup karet.

Untuk memeriksa kondisinya, pertama-tama perhatikan karet hitam yang menutupinya. Sering kali karet tersebut mengalami robek sehingga olinya keluar dan kotoran masuk mengotori bolanya.

Setelah itu, periksa fungsinya dengan cara menggerakkan roda menggunakan tangan, mirip ketika mengecek tie rod. Bedanya, pengecekan dilakukan dengan menggerakkan roda ke atas dan bawah. Biar lebih akurat, usahakan untuk mendongkrak mobil terlebih dahulu di bagian lower arm-nya.

BACA JUGA:Toyota Investasi Rp206,5 Triliun, Mobil Listrik Mendominasi Lebih dari Seperempat Penjualan

 

6. Stabilizer dan Link Stabilizer

Pada foto di atas, komponen link stabilizer dapat dilihat wujudnya berupa besi yang berdiri secara vertikal yang bagian atasnya menempel dengan shockbreaker. Sedangkan stabilizer itu sendiri merupakan besi yang menempel pada bagian bawah link stabilizer dengan posisi horizontal.

Pengecekan stabilizer bisa dilakukan dengan memberinya pukulan “halus” menggunakan tangan. Jika terasa ada oblak maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Hal ini biasanya disebabkan karet bushing yang bentuknya semacam huruf “D” sudah mengalami cacat. Kerusakan karet bushing tersebut menjadi salah satu sumber bunyi berisik pada kaki-kaki mobil.

Sementara itu, pengecekan terhadap link stabilizer dapat dilakukannya dengan menggoyangkannya langsung menggunakan tangan.

BACA JUGA:Mobil Sport Alpine Ini Memiliki Mesin Turbo Pembakaran Hidrogen

 

7. Lower Arm

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber