Berani Bertaruh? Mengabaikan Ampere Aki Mobil Anda Bisa Berujung pada Resiko Besar!

 Berani Bertaruh? Mengabaikan Ampere Aki Mobil Anda Bisa Berujung pada Resiko Besar!

Berani Bertaruh? Mengabaikan Ampere Aki Mobil Anda Bisa Berujung pada Resiko Besar!--foto: instagram@mboyoaki

 35: Daya utama aki

 Z: Tambahan kapasitas aki 10% setelah sebelumnya dikurangi 20% pada versi NS

 L: Left, kepala aki/kutub negatif di sebelah kiri. Jika tidak ada kode ini maka lokasi pole

ada di sebelah kanan

 S: Aki dengan terminal besar (untuk ukuran NS)

JIS versi baru dengan kode 35B19LS, dibaca:

 35: Kapasitas aki, arti kapasitas sebesar 35 Ah

 B: Kode aki, mempengaruhi ukuran lebar dan tinggi aki 

 19: Panjang aki, biasanya satuan centimeter

 L: Kutub negatif di sebelah kiri

 S: Aku dengan terminal besar

Itu merupakan contoh aki keluaran Jepang. Sedangkan, ada beberapa mobil yang memiliki kebutuhan aki berbeda. Agar mengetahui ukuran pastinya, Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi.


Berani Bertaruh? Mengabaikan Ampere Aki Mobil Anda Bisa Berujung pada Resiko Besar!--foto: instagram@mboyoaki

Cara ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada kendaraan.  Selain kode JIS, ada juga kode DIN (Deutsche Institut Für Normug – Jerman) yang saat ini mulai diganti ke ETN (Europe Type Number). Biasanya kode DIN/ETN kerap digunakan pada mobil- mobil Eropa, seperti BMW, Mercedes-Benz, Volkswagen, Mini Cooper, dan mobil Eropa lainnya. 

Apa yang membedakan antara aki mobil JIS dan DIN/ETN? Salah satunya adalah peletakan kutubnya yang dibuat sejajar dengan bodi aki. Untuk kode DIN/ETN biasanya diletakkan di pada sisi samping bodi aki, meskipun ada yang juga diletakkan di bagian atas seperti kode JIS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber