Mengenal dan Mengatasi Masalah Aki Mobil: Penyebab, Tanda-Tanda, serta Solusi Perawatan

Mengenal dan Mengatasi Masalah Aki Mobil: Penyebab, Tanda-Tanda, serta Solusi Perawatan

Mengenal dan Mengatasi Masalah Aki Mobil: Penyebab, Tanda-Tanda, serta Solusi Perawatan--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Aki mobil yang soak mengindikasikan bahwa tidak ada aliran listrik yang mencapai semua komponen kelistrikan mobil atau komponen yang membutuhkan aliran listrik tersebut.

Akibatnya, mobil akan kesulitan untuk dinyalakan. Seperti halnya komponen lainnya, aki mobil juga memiliki batas usia penggunaan. Namun, ketika aki mengalami masalah, bagaimana cara mengatasinya?

Aki mobil soak seringkali menjadi momok menakutkan bagi para pengemudi, terutama bagi yang sering melakukan perjalanan jauh

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

BACA JUGA:Museum Taman Prasasti Jakarta dan Pesonanya yang Tak Tergantikan

1. Jumper Aki (Jump Start)

Cara termudah dan umum untuk mengatasi aki mobil yang soak adalah dengan melakukan jumper aki atau jump start. Langkahnya adalah dengan menggunakan kabel jumper untuk menghubungkan aki mobil yang baik dengan aki mobil yang soak.

Setelah itu, hidupkan mesin mobil yang baik dan biarkan mesin tersebut menyala beberapa menit sebelum mencoba menghidupkan mesin mobil yang mengalami masalah.

2. Cek Aki Secara Berkala

Penting untuk selalu memeriksa kondisi aki secara berkala. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa aki selalu dalam kondisi baik dan tidak mudah soak. Pemeriksaan aki dapat dilakukan di bengkel atau bahkan di rumah sendiri dengan menggunakan alat multimeter.

BACA JUGA:YouTube Kini Menawarkan Fitur Kecerdasan Buatan Baru Ini Kepada Pengguna Premium-nya.

3. Rutin Memanaskan Mobil

Salah satu cara untuk mengatasi aki mobil yang soak adalah dengan rutin memanaskan mobil. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar mesin tetap dalam kondisi baik dan tidak mudah rusak.

4. Hindari Penggunaan Aksesoris Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber