Lato-lato si 'Klak klok' Mainan Jadul Viral, Begini Kisah Lampaunya

Lato-lato si 'Klak klok' Mainan Jadul Viral, Begini Kisah Lampaunya

Anak-anak bermain lato-lato.-Ahmad Ramli-paltv.co.id/Ahmad Ramli

Mengutip tirto.id (29/12/2022), lato-lato di luar negeri disebut Clackers, Ker-Bangers, Katto-katto dan beragam nama lainnya. Di Argentina, lato-lato mirip senjata bernama bolas. Sebelum tahun 1970-an, clackers dibuat dari bahan kaca dan mudah pecah. Pabrik mainan lalu mengganti bahan kaca dengan plastik akrilik keras. Meski telah berganti bahan, ternyata clackers atau lato-lato tetap berbahaya dan dapat mencelakai pemainnya. Nah, di tahun 1990-an, clackers atau lato-lato ini didesain ulang dengan menggunakan bahan plastik modern yang tidak gampang pecah.

Dalam laporan New York Times pada Agustus 1971 yang dikutip tirto.id, pernah diselenggarakan kejuaraan dunia clackers di Desa Calcinatello dekat Brescia di Italia. Berbagai peserta berdatangan dari Belgia, Swiss, Inggris, hingga Kanada untuk menguji kemampuan membandulkan clackers.

Jadi, mainan lato-lato yang viral di media sosial dan kembali populer di akhir 2022 ini sesungguhnya bukan berasal dari Indonesia. Apakah kalian tertarik untuk membeli dan memainkannya?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: