Lato-lato si 'Klak klok' Mainan Jadul Viral, Begini Kisah Lampaunya

Lato-lato si 'Klak klok' Mainan Jadul Viral, Begini Kisah Lampaunya

Anak-anak bermain lato-lato.-Ahmad Ramli-paltv.co.id/Ahmad Ramli

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Di penghujung tahun 2022 yang lalu, para orang tua dihebohkan dengan kemunculan mainan lato-lato yang viral di media sosial. mainan lato-lato tersebut menarik perhatian di kalangan anak-anak saat ini.

Mainan lato-lato ini berbentuk bandulan dua bola kecil terbuat dari plastik dan digantung menyambung dengan tali yang diikatkan pada sebuah ring plastik.

Benturan kedua bola saat dibandulkan mengeluarkan suara yang unik, membuat anak-anak penasaran dan ingin mencoba memainkannya. Bahkan, orang dewasa pun turut pula mencoba dan memainkannya, untuk sekedar bernostalgia mengenang masa indah kanak-kanak.

Cara memainkan lato-lato terbilang cukup gampang namun tetap menantang dan mengasikkan. Butuh kesabaran untuk memainkannya dengan cara mengayun-ayunkan dan membenturkan kedua bolanya agar menghasilkan suara 'klak klok klak klok'. Nah, dalam memainkan lato-lato harus berhati-hati, terutama bagi anak-anak agar tidak benjol-benjol terkena benturan bola-bolanya.

BACA JUGA:Film Avatar 2 Dihujat Masyarakat Adat. Ada Apa Ya?

BACA JUGA:Wahana Tornado Dufan Macet, Ini Kata Pengelola

Bentuk model mainan lato-lato ini dahulunya berwarna polos, namun sekarang lebih bervariasi dengan beragam warna dan bergambar. Pemberian Gambar di bagian bola membuat lato-lato terlihat semakin menarik dan tidak membosankan.

Bentuknya yang unik dengan beragam warna dan gambar membuat mainan lato-lato ini menjadi incaran. Mainan lato-lato dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp13 ribu sampai Rp20 ribu. Soal harga memang cukup relatif terjangkau di kocek orang tua.

Mainan Lato-lato ini termasuk mainan jadul yang sempat populer dan digemari anak-anak dari berbagai usia di tahun 1990-an hingga 2000-an.

Lantas bagaimana sejarah mainan lato-lato? Dikutip dari laman grovy history, mainan lato-lato ini muncul pertama kali pada tahun 1960-an dan mulai populer di Amerika Serikat. Mainan lato-lato ini juga dikenal dengan sebutan clackers di negeri 'Uwak Sam' (Amerika Serikat,ed.).

BACA JUGA:5 Mainan Hot Wheels yang Banyak Diburu Kolektor Diecast

BACA JUGA:Hei Pria Lajang! Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan untuk Menaklukkan Hati Perempuan Rusia

Clackers atau lato-lato semula bola-bolanya terbuat dari bahan kaca. Namun karena kaca dapat mudah pecah dan berbahaya saat dimainkan, maka bahan mainan clackers atau lato-lato diganti dengan plastik keras guna menghindari cidera pada anak-anak yang memainkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: