PWI Sumsel Gelar UKW Gelombang 45 dan 46, 48 Pewarta Ikut Uji Kompetensi di 3 Tingkatan

PWI Sumsel Gelar UKW Gelombang 45 dan 46, 48 Pewarta Ikut Uji Kompetensi di 3 Tingkatan

PWI Sumsel gelar UKW Gelombang 45 dan 46 diikuti 48 Pewarta, Sabtu (27/4/2024).-Hafid Zainul-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - 48 pewarta dari berbagai wilayah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel.

Dalam kesempatan ini, UKW gelombang 45 dan 46 sudah dilaksanakan dari 26 April 2024 hingga 27 April 2024 di Hotel Beston Palembang.

Salah seorang penguji UKW PWI Sumsel, Hadi Prayogo mengatakan, UKW terbagi tiga tingkatan yakni UKW Muda, UKW Madya, dan UKW Utama.

“Dari kemarin UKW sudah dibuka oleh Direktur UKW Pusat, Firdaus Komar, kemudian juga oleh Pj Gubernur Sumsel dalam hal ini diwakili Asisten II Basyaruddin Akhmad. UKW kali ini digelar ada sekitar 48 para wartawan yang tersebar di Kabupaten/Kota Sumsel,” kata penguji UKW PWI Sumsel, Hadi Prayogo.

BACA JUGA:Anak-anak Palembang Adu Skill dalam Event Kids Basketball League 2024 di GOR Canton Park Arena


Hadi Prayogo, Penguji UKW PWI Sumsel, Sabtu (27/4/2024).-Hafid Zainul-PALTV

Ditambahkan Hadi Prayogo, UKW Muda terbagi menjadi 3 kelas yang diisi 18 peserta, UKW Madya terbagi menjadi 4 kelas yang diisi 24 peserta, dan UKW Utama terbagi menjadi 1 kelas yang diisi 6 peserta.

“UKW itu ada 3 tingkatan yakni UKW Muda, UKW Madya, UKW Utama. Kalau sudah menjadi Wartawan Muda menunggu menjadi Wartawan Madya sekitar 3 tahun, baru ikut tes UKW Madya. Setelah menjadi Wartawan Madya menunggu 2 tahun untuk menjadi Wartawan Utama. Ya, untuk UKW Muda ada 3 kelas, sedangkan UKW Madya ada 4 kelas, dan UKW Utama ada 1 kelas. Masing-masing per kelas diisi 6 peserta,” ungkap Hadi Prayogo.

UKW meliputi 10 mata uji seperti kode etik jurnalistik, penulisan berita dan tahapan wartawan dalam mewawancarai narasumber. Setelah UKW dilakukan, nantinya para pewarta dapat meningkatkan kualitasnya.

“Ada sekitar 10 mata uji, mulai dari kode etik jurnalistik, bahkan lebih dasar lagi seperti penulisan berita. Ada juga jejaring bagaimana seorang wartawan mewawancarai narasumber. Agar wartawan di Sumsel khususnya semakin berkualitas,” ucap Hadi Prayogo.

BACA JUGA:Muara Enim Diguyur Hujan Lebat, Sungai Lematang Meluap dan Akses Jalan Menuju Sekolah Tergenang Banjir

Sementara itu, salah seorang peserta UKW PWI Sumsel, Asnaini Khamsin mengatakan, setelah mengikuti UKW dirinya berharap menjadi pewarta yang profesional ke depannya.

“Selama pelaksanaan UKW yang pasti merasa gugup, karena yang diuji itu memang sesuai kompetensi melalui Dewan Pers dan PWI Pusat. Harapannya menjadi wartawan yang baik dan profesional,” ujar Asnaini Khamsin, salah satu peserta UKW PWI Sumsel.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv