Baru Selesai Mudik, Perhatikan Motor Matic Mu Agar Tetap Awet Dengan Tips Ini !

Baru Selesai Mudik, Perhatikan Motor Matic Mu Agar Tetap Awet Dengan Tips Ini !

Agar tetap dalam kondisi optimal dan aman digunakan setelahnya, penting untuk memperhatikan perawatan sepeda motor pasca mudik atau saat arus balik.--Gambar : Tangkapan Layar youtube.com/@deviantowahjoe

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mudik Lebaran merupakan momen yang memberikan kesempatan bagi keluarga untuk berkumpul di kampung halaman, tetapi perjalanan yang panjang seringkali membuat sepeda motor bekerja keras. 

Agar tetap dalam kondisi optimal dan aman digunakan setelahnya, penting untuk memperhatikan perawatan sepeda motor pasca mudik atau saat arus balik.

Oleh karena itu, setelah melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan terkait perawatannya. Berikut ulasannya :

1. Cek Kondisi Oli 

Setelah melakukan perjalanan jauh, kualitas oli pada sepeda motor akan berkurang sedikit demi sedikit. Fungsi oli pada mesin adalah memberikan perlindungan terhadap komponen-komponen mesin.

BACA JUGA:Karyawan Malas Setelah Liburan? Ini Solusinya!

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengganti oli sesuai dengan spesifikasi mesin tepat waktu, sehingga komponen mesin tetap terlindungi dan dapat bekerja secara optimal.

 

2. Cek kondisi kelistrikan 

Pastikan seluruh sistem kelistrikan sepeda motor berfungsi dengan baik. Periksa lampu depan, belakang, sein, serta lampu indikator pada panel meter untuk memastikan semuanya menyala dengan normal.

Selain itu, periksa juga kondisi baterai atau aki sepeda motor. Pastikan daya yang dihasilkan oleh aki sesuai dengan standar pabrikan. Jika tegangannya mulai menurun, segeralah mengganti aki dengan yang baru agar komponen-komponen yang memerlukan daya listrik dapat bekerja secara optimal.

BACA JUGA:Industri Otomotif dalam Pusaran Kontroversi: Tindakan Pemerintah AS Terhadap Mobil Listrik BYD CS

 

3. Cek kondisi rem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber