Sikap Orang Tua yang Menyebabkan Anak Tertekan

Sikap Orang Tua yang Menyebabkan Anak Tertekan

Beberapa perilaku orang tua yang tanpa sadar dapat menyebabkan anak stres.-- Halodoc.com

2. Memberi hukuman yang terlalu berat

Beberapa orang tua akan menghukum anaknya apabila anak akan melakukan kesalahan yang fatal. Padahal orang tua perlu tahu penyebab kesalahan itu, dan tidak memberikan hukuman yang justeru membuat anak jadi stres.  Hukuman dapat dilihat sebagai alat yang penting untuk menjaga kedisiplinan anak.

BACA JUGA:Onic Esports Umumkan Roster Lengkap pada Ajang MSC 2023 Kamboja

BACA JUGA:Dinas PPPA OKU Peringati Puncak Hari Kartini ke-144

3. Tidak mendengarkan pendapat anak

Orang tua terkadang selalu mengabaikan pendapat anak dan menganggap bahwa orang tua lebih tahu.  Padahal sebaiknya dilakukan diskusi dan bertukar  pikiran. Jika anak terus menerus disisihkan, ia tidak hanya takut untuk berpendapat, tetapi juga dapat menimbulkan stres bagi anak. 

4. Bertengar di depan anak

Orangtua yang sering bertengkar di depan anaknya menyebabkan anak kehilangan rasa aman dan khawatir orang tuanya bercerai. Ketika ada sesuatu yang harus dibicarakan antara suami dan istri, anaklah yang pertama kali melihat situasinya.

BACA JUGA:Inilah Deretan Band Asal Indonesia yang Terinspirasi dari Karya Musik Coldplay

BACA JUGA:Nikita Mirzani Ikut Tanggapi Video 47 Detik Rebecca Klopper !

Jika sering dilakukan, lambat laun menjadi sumber stres bagi anak. Khususnya, jika kekerasan fisik seperti pemukulan terjadi saat pertengkaran antara orang tua, hal ini berdampak pada trauma anak. 

5. Membandingkan dengan anak-anak lain 

Budaya membandingkan anaknya dengan anak orang lain merupakan hal yang lumrah di kalangan orang tua di Indonesia. 

Sebagai orang tua, Anda mungkin bisa membenarkan perilaku ini karena dianggap mendorong kemajuan anak. Nyatanya, membandingkan anak sendiri dengan anak orang lain akan membuat anak kesal dan tertekan.  Memberikan motivasi kepada anak merupakan hal yang penting agar anak semangat untuk terus berkembang lebih maju*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber