Sikap Orang Tua yang Menyebabkan Anak Tertekan

Sikap Orang Tua yang Menyebabkan Anak Tertekan

Beberapa perilaku orang tua yang tanpa sadar dapat menyebabkan anak stres.-- Halodoc.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sikap dan perlakuan yang  salah dari orang tua, dapat menyebabkan anak tertekan. Tanpa sadar, jika anak terus menerus menerima Sikap egois orang tua, akan mempengaruhi perkembangan mental anak bahkan bisa menimbulkan stres.

Konsidi dan suasana nyaman dan tentram merupakan indikator keharmonisan keluarga. Tentu saja, bisa dikatakan keluarga bahagia.

Namun jika sebaliknya. Suasana rumah selalu ribut, bertengkar atau tidak saling tegur sapa antar sesama anggota keluarga. Dipastikan keluarga ini tidak bahagia.

Orang tua, memegang peran penting sebagai pengendali dan pemimpin dalam rumang tangga. Masalah yang dihadapi orang tua agak berbeda dengan masalah anak.

BACA JUGA:Sempat Naik, Harga Telur Jadi Rp29 Ribu

BACA JUGA:Seluruh Jemaah Haji Prabumulih Lunas BPIH Berangkat 27 Mei 2023

Namun jika masalah orang tua tidak diselesaikan, maka akan berefek pada anak. Adapun masalah orang tua biasanya berkutat pada komunikasi antar pasangan, pekerjaan atau masalah keuangan.

Sebaliknya, penyebab masalah  pada anak kebanyakan adalah pelajaran sekolah, bullying dari teman atau bahkan sikap dan perilaku orang tua terhadap anaknya di rumah. Ujung-ujungnya menjadikan anak stres.

Berikut perilaku orang tua yang bisa membuat anak stres dan tertekan. 

1. Kurang perhatian dengan keharmonisan rumah

BACA JUGA:Tekab 204 Bergerak, Tersangka Pencuri Lemas

BACA JUGA:Suka Menahan BAB? Ketahui Risikonya

Sebagian Orang tua hanya fokus pada masalah antara suami istri, dan tidak memperhatikan kenyamanan dan kehangatan suasana rumah. Tanpa belaian lembut, sapaan hangat atau percakapan yang harmonis, hubungan di rumah menjadi sangat individual.

Ingatlah bahwa keharmonisan dalam suasana rumah tidak dicari, tetapi diciptakan oleh setiap anak dan orang tua. Anak akan menjadi jauh dan tidak terbuka dengan orang tua ketika kurangnya waktu orang tua untuk anaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber