Memahami Genre Film, Dari Sedih Hingga Mencengkam - Panduan Esensial bagi Pembuat Film!

Memahami Genre Film, Dari Sedih Hingga Mencengkam - Panduan Esensial bagi Pembuat Film!

Memahami Genre Film, Dari Sedih Hingga Mencengkam - Panduan Esensial bagi Pembuat Film!--Foto: [email protected]

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kita semua pernah mendengar tentang jenis film. Saat kita membeli tiket bioskop, biasanya ada keterangan genre di bawah nama filmnya. Saat kita masuk ke platform streaming, kita juga akan menemukan deskripsi genre film yang kita tonton.

Sebenarnya genre apa? Dan apa saja jenis genre utama yang harus kita pahami?

Apa itu genre?

Genre adalah kategori film yang dibuat berdasarkan kesamaan gaya, tema, pendekatan estetika film dan juga unsur narasinya. Genre film mempengaruhi penerapan gaya narasi, pendekatan visual, bahkan emosi yang ditangkap penonton.

Contohnya, film romantis dibuat dengan unsur cerita yang melibatkan sepasang kekasih dengan harapan kisah cinta mereka dapat menarik penonton. Tentu pendekatannya berbeda ketika membuat film horor yang bertujuan untuk menakut-nakuti penontonnya.

Apa fungsi genre?

Sederhana saja, ini membantu Anda sebagai pembuat film merencanakan cerita dan membimbing penonton. harapan Misalnya, jika Anda membuat film dengan genre musikal, penonton sudah memiliki ekspektasi tertentu sebelum menonton film Anda. Bagi pembuat film, genre dapat sangat membatasi visi dan imajinasi Anda.

BACA JUGA:Terdakwa Bobol Rekening Nasabah Bank BNI Kayuagung Rp6,4 Miliar, Ahli Sebut Adanya Kelalaian Administratif

Standar yang berlaku

saat ini terkadang menjadi bumerang dan menghambat kreativitas. Namun, bagi penonton, genre jelas membantu antisipasi.

Jenis-Jenis Genre

Jenis genre film apa yang ditemukan dalam film? Setidaknya ada 8 jenis genre utama yang sering kita jumpai: aksi (action), petualangan (adventure), komedi (comedy), drama, fantasi (fantasy), horor, roman (novel), fiksi ilmiah (science fiksi), thriller (cerita menegangkan ) .

Tentu saja klasifikasi di atas mungkin berbeda di setiap lokasi. Belum lagi banyak juga sub-genre seperti film mata-mata, film superhero, dll. Agar lebih mudah, pertama-tama kami akan menyorot 10 genre film utama yang disebutkan di atas.

Jika Anda bertanya kepada orang-orang apa yang mereka suka lakukan di waktu luang, banyak yang akan menjawab bahwa mereka menonton film. Mengapa? Karena menonton film membuat penontonnya merasa senang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: