Ini Keutamaan Membayar Zakat di Bulan Ramadan, Dari Membersihkan Harta Hingga Mensucikan Diri

Ini Keutamaan Membayar Zakat di Bulan Ramadan, Dari Membersihkan Harta Hingga Mensucikan Diri

dari Membersihkan Harta Hingga Mensucikan Diri--Foto : Freepik.com/jcomp

Membayar zakat merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh umat Muslim. Karena ada banyak keutamaan yang didapat dengan membayar zakat, apalagi jika dilakukan di bulan Ramadhan maka nilai pahalanya akan berlipat ganda.

 BACA JUGA:Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Berikut Jawaban dan Alasannya!

 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut keutamaan membayar zakat:

Membersihkan dan Menyucikan Diri

Membayar zakat merupakan salah satu cara untuk menyucikan diri. Sebab, zakat dapat menghindarkan seseorang dari penyakit kikir. Islam juga mengajarkan umatnya untuk bersikap dermawan dengan mengeluarkan sebagian harta untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Hal ini tertuang dalam Surah At-Taubah ayat 103.

"Ambillah zakat dari harta mereka (guna) menyucikan dan membersihkan mereka, dan doakanlah mereka karena sesungguhnya doamu adalah ketenteraman bagi mereka. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (Surah At-Taubah ayat 103)

BACA JUGA:Puasa Bukan Sekedar Menahan Lapar dan Dahaga, Manfaat Sains di Balik Ramadan 


Membayar zakat merupakan salah satu cara untuk menyucikan diri--Foto : Freepik.com/freepik

 

Membersihkan dan Melipatgandakan Rezeki

Mengutip dari laman baznas.go.id, diketahui bahwa kata zakat memiliki makna At-Thohuru yang artinya membersihkan atau mensucikan. Ini dapat diartikan bahwa dengan berzakat, maka Allah SWT akan mensucikan harta dan jiwa kita dari dosa.

Selain itu, zakat juga bermakna An-Numuw yang artinya tumbuh dan berkembang. Ini bermaksud bahwa orang yang menunaikan zakat, insyaAllah hartanya akan terus bertambah dan berkembang.

 

Menyempurnakan Iman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber