Ingin Habiskan Malam Tahun Baru di Alam Terbuka? Tempat Ini Bisa Anda Coba

Ingin Habiskan Malam Tahun Baru di Alam Terbuka? Tempat Ini Bisa Anda Coba

Habiskan malam tahun baru di alam terbuka-Sandi Pratama-PALTV.CO.ID

Kawasan TWA Punti Kayu mempunyai topografi datar hingga bergelombang. Curah hujan bulanan di TWA Punti Kayu dan wilayah sekitarnya berkisar antara 42 - 442 mm, dengan angka curah hujan tahunan sebesar 2.385 mm. Jumlah hari hujan bulanan berkisar antara 7-19 hari dengan jumlah hari hujan setahun sebesar 154 hari. Suhu rata-rata bulanan berkisar antara 26,0 - 27,0 °C dengan kelembaban udara tahunannya sebesar 86% (BKSDA Sumatra Selatan 2003).

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab Jokowi Cabut PPKM Level 1

BACA JUGA:Tol Indralaya-Prabumulih Segera Beroperasi, Pj Bupati Harapkan Akses Muara Enim ke Palembang Lebih Cepat

egetasi di TWA Punti Kayu didominasi oleh Tusam (Pinus merkusii), selain itu terdapat jenis-jenis lain seperti Akasia (Acacia mangium), Albasia (Albazia falcatari), Ampupu (Eucalyptus alba), Bambu (Bambusa spp), Kayu Putih (Malaleuca leucadendron), Mahoni (Switenia swageri), Pulai (Alstonia granensis) dan Sengon (Alstonia granensis). Vegetasi-vegetasi ini banyak dimanfaatkan oleh salah satu satwa kera ekor panjang (Macaca  fascicularis) untuk aktivitas sehari-hari seperti bermain dan makan, karena jenis satwa ini diliarkan oleh pengelola Taman Wisata Alam Punti Kayu dan dianggap tidak mengganggu aktivitas pengunjung.

Di TWA Punti Kayu terdapat berbagai macam satwa yang terdiri atas 4 kelas, yaitu : mamalia, primata, unggas, dan reptil. Jenis satwa di TWA Punti Kayu didominasi oleh kera ekor panjang, sedangkan jenis satwa lain yang dapat dijumpai antara lain babi hutan, ular hijau, ular kobra, ular sanca, burung elang, burung kutilang, burung krocokan, burung raja udang, burung but-but, burung ayam-ayaman, kupu-kupu, capung, tonggeret, biawak, kadal dan beberapa jenis kodok.

Selain menikmati kesejukan di hutan konservasi, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas dan permainan di TWA Punti Kayu antara lain:

Jembatan gantung

Waterpark

Arena bermain

Menunggang kuda dan gajah (hanya pada hari Minggu)

Outbound

Berkemah

Kebun binatang mini

Replika landmark keajaiban dunia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: