Eksplorasi 10 Tarian Daerah yang Menghadirkan Keunikan, Ciri Khas, dan Makna Mendalam

Eksplorasi 10 Tarian Daerah yang Menghadirkan Keunikan, Ciri Khas, dan Makna Mendalam

Eksplorasi 10 Tarian Daerah yang Menghadirkan Keunikan, Ciri Khas, dan Makna Mendalam--Foto: Instagram@infosumbar

6. Saman (Aceh)

Mari kita mulai dengan Aceh, wilayah paling barat di Indonesia. Salah satu tarian yang paling populer di daerah otonom Aceh adalah tari Saman. Tari Saman terkenal tidak hanya di Korea namun juga mancanegara. 

Tarian ini, dengan banyak penari sekaligus, tidak jarang ditampilkan pada acara-acara kebudayaan luar negeri, khususnya UNESCO, sebuah organisasi ilmu pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan yang berada di bawah naungan PBB, tari Saman termasuk dalam kategori tarian budaya yang memerlukan perlindungan segera di bawah Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB. Ini adalah daftar tradisional.

Gerakan tarinya sangat sulit dilakukan karena cepat, tepat, dan terkoordinasi. Untuk menari, kelompok tari Saman bisa berlatih selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

7. Tor Tor (Tapanuli Te Taikoura)

Di utara pulau Sumatra, di sebelah Danau Toba, terdapat suku Batak yang menarikan tarian lokal bernama Tor Tor. Tarian ini dibawakan oleh masyarakat Batak pada saat acara-acara penting seperti pernikahan, pesta kematian, syukuran, dan ritual penyembuhan bagi orang yang sudah meninggal.

BACA JUGA:Rahasia Mudik Lebaran Lancar: 8 Panduan untuk Berkendara Motor dengan Aman dan Nyaman

Gondang (gendang) berjumlah 9 buah. Batak, terompet dan seruling khas batak. Gerakan tari Thor Thor mudah dipelajari karena kompleks dan sederhana.

Saat ini, penari Tor Tor memasukkan unsur-unsur lain ke dalam rutinitasnya.

8. Tari Piring (Minangkabau)

Dari Barat Pulau Sumatra, tepatnya di Minangkabau, terdapat tari piring yang punya gerakan indah dan kaya makna. Tari piring merupakan simbolisasi dari pemberian persembahan kepada sang pencipta atas keberhasilan panen.

Namun, di masa sekarang tari piring sudah dipertunjukkan secara bebas dalam berbagai perayaan. Tari piring biasanya ditampilkan oleh 3 hingga 5 penari yang memegang dua hingga tiga piring dalam tangannya dan gelang lonceng kecil yang diikat pada kaki penari.

Tarian luwes dan indah ini biasanya diiringi oleh alunan alat musik tradisional Minangkabau yakni bong dan saluang.

9. Turuk Rangai (Mentawai)

Nama tarian ini tidak dikenal seperti tarian daerah lainnya di artikel ini. Namun seiring dengan semakin populernya Kepulauan Mentawai sebagai surga wisata dan destinasi wisata air kelas dunia, Turuk Langgai juga ikut populer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: