Panduan Komprehensif! Membongkar Bearing Motor dan Mobil - Fitur, Ukuran dan Kisaran Harga

Panduan Komprehensif! Membongkar Bearing Motor dan Mobil - Fitur, Ukuran dan Kisaran Harga

Panduan Komprehensif! Membongkar Bearing Motor dan Mobil - Fitur, Ukuran dan Kisaran Harga--Foto: instagram@hjr_bearing

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Meski sering diabaikan, bantalan roda mobil berperan penting dalam menjaga performa kendaraan Anda.

Sebagai komponen yang membantu putaran roda, bantalan ini memastikan roda berputar dengan leluasa, mulus, dan gesekan minimal.

Oleh karena itu, hambatan kendaraan saat bergerak berkurang, sehingga meningkatkan efisiensi perjalanan dan kenyamanan berkendara.

Apa yang dimaksud dengan Bearing  atau bantalan roda?

Roda mobil adalah komponen di dalam hub roda yang fungsinya agar roda dapat berputar dengan lancar dan efisien.

Komponen ini biasanya terbuat dari baja. dan berisi bola-bola kecil yang disusun berjajar antara cincin logam bagian dalam dan luar. Bola-bola ini berfungsi sebagai elemen penggulung yang mengurangi gesekan antar bagian yang bergerak.

BACA JUGA: Kasus DBD meningkat, Berbagai Pihak Gelar Aksi Fogging Seretak di Palembang

Roda mobil bisa berupa bantalan bola atau rol, tergantung jenis dan model kendaraannya. Seperti namanya, bentuk bola berisi bola-bola kecil untuk mengurangi gesekan.

Sementara dengan bentuk roller, roller berbentuk silinder atau tong digunakan untuk melakukan fungsi yang sama. Walaupun bentuk dan ukurannya berbeda-beda, tujuan utama dari semua bantalan adalah agar roda dapat berputar dengan lancar.

1. Fungsi Bantalan Roda

Bantalan roda mempunyai beberapa fungsi penting pada sebuah kendaraan. Fungsi utamanya adalah memungkinkan roda berputar dengan gesekan minimal.

Dengan mengurangi gesekan antar bagian yang bergerak, komponen ini memungkinkan roda berputar dengan lancar dan stabil. Hal ini penting untuk menjaga penghematan bahan bakar dan performa optimal kendaraan Anda.

Selain itu, bantalan ini menopang beban kendaraan. Bantalan tersebut membantu menopang bobot kendaraan dan memastikan roda terpasang erat pada poros kendaraan.


Panduan Komprehensif! Membongkar Bearing Motor dan Mobil - Fitur, Ukuran dan Kisaran Harga--foto: Instagram@daisy_ingbearings

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber