Panduan Komprehensif! Membongkar Bearing Motor dan Mobil - Fitur, Ukuran dan Kisaran Harga

Panduan Komprehensif! Membongkar Bearing Motor dan Mobil - Fitur, Ukuran dan Kisaran Harga

Panduan Komprehensif! Membongkar Bearing Motor dan Mobil - Fitur, Ukuran dan Kisaran Harga--Foto: instagram@hjr_bearing

2. Apa saja tanda-tanda bantalan rusak?

Bantalan roda yang rusak atau aus dapat menyebabkan berbagai masalah dan ada Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkannya.

3. Suara bising

Salah satu tanda yang paling umum adalah suara mendengung atau mendesis yang berasal dari roda. Suara ini biasanya semakin keras seiring akselerasi mobil.

Suara ini dapat disebabkan oleh keausan atau kerusakan bola atau roller pada bantalan roda. Hal ini menyebabkan gesekan tidak normal antar bagian yang bergerak.

4. Getaran

Bantalan roda yang rusak juga dapat menyebabkan getaran tidak normal pada kendaraan. Getaran ini dapat dirasakan melalui roda kemudi atau jok dan dapat bertambah parah seiring akselerasi kendaraan.

Getaran ini dapat disebabkan oleh pergerakan roda yang tidak stabil atau tidak seimbang serta bantalan yang rusak atau aus.


Panduan Komprehensif! Membongkar Bearing Motor dan Mobil - Fitur, Ukuran dan Kisaran Harga--foto: Instagram@jnxhyzgbearing

5. Roda kemudi kendor

Jika bagian-bagian ini adalah Jika rusak, dapat melonggarkan kemudi dan membuat kendaraan terasa lebih longgar dari biasanya.

Kendaraan mungkin terasa "mengambang" atau sulit dikemudikan, terutama saat berbelok atau berakselerasi.

Kondisi ini mungkin merupakan tandanya bantalan roda sudah tidak lagi mampu menopang bobot kendaraan dengan baik. Hal ini pada akhirnya menyebabkan penanganan yang buruk dan peningkatan risiko kecelakaan.

6. Keausan ban yang tidak merata

Keausan ban yang tidak merata biasanya disebabkan oleh roda yang tidak berputar dengan mulus atau tidak tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber