Tips Merawat Innova Zenix Hybrid untuk Mencegah Masalah Sistem Hybrid

Tips Merawat Innova Zenix Hybrid untuk Mencegah Masalah Sistem Hybrid

Tips Merawat Innova Zenix Hybrid --Foto : Platinum-White-Pearl_0-removebg

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid telah menjadi andalan Toyota di segmen kendaraan elektrifikasi. Bagi para pemilik Innova Zenix Hybrid, penting untuk memahami cara merawat mobil tersebut agar sistem hybridnya tetap berjalan dengan baik. Kesalahan dalam perawatan atau penggunaan dapat menyebabkan masalah pada fungsi Hybrid.

Menurut keterangan resmi dari Auto2000, pemilik atau pengguna Innova Zenix Hybrid disarankan untuk memahami secara mendalam kendaraan mereka melalui buku petunjuk penggunaan kendaraan, yang sering disebut buku manual kendaraan. Buku manual ini juga dapat diakses melalui aplikasi MToyota.

Salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh pemilik mobil Zenix Hybrid terkait dengan komponen baterai adalah larangan menutup kisi udara pendingin baterai yang terletak di bawah jok penumpang depan.

Bagian ini dilengkapi dengan motor blower yang bertugas mengalirkan udara dari kabin melalui saluran pendingin (air intake duct). Komponen ini tidak akan berfungsi optimal jika aliran udara segar terhambat.

BACA JUGA:Alpine HDS 990 X Audison Bit One HD Controller Special Custom Toyota Innova Zenix

"Sebagai akibatnya, pendinginan HV baterai akan terganggu dan suhunya akan meningkat, menyebabkan overheat dan penurunan kinerja. Baterai tidak akan dapat menyimpan listrik yang dihasilkan oleh motor generator saat kondisi charging," jelas Auto2000.

"Apabila kondisi SOC (State of Charge/pengisian) berada di bawah nilai yang ditetapkan, mesin bensin akan hidup terus menerus sebagai sumber tenaga utama kendaraan," tambahnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak menutup air intake duct HV baterai yang berada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid. Namun, bagaimana jika saluran tersebut tertutup secara tidak sengaja?

Kondisi ini akan menghambat pendinginan dan memicu indikator peringatan HV baterai menyala pada panel instrumen. Pengguna mobil disarankan untuk melakukan pemeriksaan awal pada air intake duct, dan jika tidak menemukan penyebab masalah di sana, segera membawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA:Mengintip Lima Mobil Sainan Innova Zenix Terbaru Tahun 2024

Dengan memahami dan mengikuti tips perawatan ini, diharapkan para pemilik Innova Zenix Hybrid dapat mencegah masalah pada sistem hybrid dan menjaga kinerja mobil mereka tetap optimal dalam jangka panjang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber