Jangan Gunakan Laptop Saat Melakukan Pengecasan! 3 Dampak Negatif Ini yang Dapat Terjadi

Jangan Gunakan Laptop Saat Melakukan Pengecasan! 3 Dampak Negatif Ini yang Dapat Terjadi

Jangan Gunakan Laptop Saat Melakukan Pengecasan! 3 Dampak Negatif Ini yang Dapat Terjadi-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pada umumnya baterai pada laptop mampu bertahan hingga beberapa tahun lamanya, bergantung terhadap bagaimana pemakaian dari para pengguna saat menggunakan laptop tersebut.

Hampir semua laptop keluaran terbaru yang beredar di pasaran saat ini telah menggunakan baterai dengan jenis Lithium, baik itu Lithium-Ion (Li-Ion) ataupun Lithium-Ion Polymer (Li-Po).

Baterai laptop dengan jenis ini mempunyai life cycle atau siklus hidup yang menjadi life span atau usia pakai dari komponen baterai pada laptop tersebut.

Hal ini berarti usia pakai dari baterai laptop akan bergantung pada seberapa sering pengguna dalam melakukan pengisian daya atau melakukan pengecasan.

Semakin sering baterai laptop dilakukan pengisian daya atau pengecasan, maka usia pakai dari baterai laptop juga akan menjadi semakin pendek.

Saat ini, penggunaan laptop sudah menjadi salah kebutuhan dalam menjalankan kehidupan baik itu untuk keperluan belajar, bekerja, ataupun berbagai keperluan lainnya.

BACA JUGA:Sepeda Motor Mati Mendadak Akibat Busi Motor? Jangan Panik, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Memperbaikinya!

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pengguna laptop yaitu menggunakan laptop sambil melakukan pengisian daya pada laptop tersebut.

Kebiasaan mengisi daya laptop sambil digunakan sebenarnya perlu untuk dihindari untuk menjaga performa dan kondisi dari laptop tersebut.

Lalu, mengapa penggunaan laptop sambil dicas ini perlu untuk dihindari? Berikut ini beberapa dampak negatif atau hal yang dapat terjadi akibat menggunakan laptop sambil dilakukan pengecasan.

Membuat Laptop Menjadi Panas

Menggunakan laptop sambil melakukan pengecasan tentunya akan membuat laptop berusaha menghasilkan performa penuhnya dalam melakukan sesuatu.

Khususnya pada laptop gaming yang komponennya memakai penggunaan listrik yang besar. Jika laptop digunakan secara terus menerus untuk bermain game ataupun untuk editing yang menggunakan berbagai aplikasi 3D, tentunya akan membuat laptop menjadi harus bekerja dengan lebih keras.


Jangan Gunakan Laptop Saat Melakukan Pengecasan! 3 Dampak Negatif Ini yang Dapat Terjadi-freepik-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber