Jangan Gunakan Laptop Saat Melakukan Pengecasan! 3 Dampak Negatif Ini yang Dapat Terjadi

Jangan Gunakan Laptop Saat Melakukan Pengecasan! 3 Dampak Negatif Ini yang Dapat Terjadi

Jangan Gunakan Laptop Saat Melakukan Pengecasan! 3 Dampak Negatif Ini yang Dapat Terjadi-freepik-freepik

Baterai laptop yang kondisinya terlalu panas cenderung akan mengalami siklus pengisian daya dan pengosongan daya dengan lebih cepat, hal tersebut akan mengurangi usia pakai pada baterai laptop secara keseluruhan.

Selain itu, penggunaan daya maksimal pada saat bermain game atau menjalankan aplikasi berat juga akan memberikan beban yang ekstra terhadap sumber daya sistem seperti prosesor dan kartu grafis.

Kombinasi antara panas yang dihasilkan oleh kinerja tinggi dengan panas yang dihasilkan dari pengisian daya akan menciptakan kondisi yang mengharuskan sistem pendinginan pada laptop menjadi bekerja lebih keras untuk dapat menjaga suhu laptop agar tetap optimal.

Kondisi tersebut tentunya dapat membuat komponen baterai menjadi rusak dan juga merusak komponen lainnya.

Hal ini dikarenakan panas yang dihantarkan akan membuat laptop menjadi semakin overheat dan menurunkan usia pakai laptop menjadi lebih cepat.

BACA JUGA:Jarang Disadari! Ternyata 6 Teknologi Artificial Intelligence (AI) Ini Sering Digunakan Sehari-hari

Life Cycle atau Siklus Hidup Laptop Menurun

Menggunakan laptop yang sambil dicas bukan hanya dapat membuat laptop jadi cepat panas, namun juga dapat berdampak terhadap menurunnya siklus hidup dari perangkat laptop.

Pengisian daya atau pengecasan yang berlangsung dengan penggunaan berat seperti bermain game atau untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan sumber daya tinggi, tentunya akan menyebabkan kondisi panas yang berlebihan pada laptop.

Kondisi panas ini tentunya dapat mempercepat degradasi pada baterai laptop. Siklus pengisian dan pengosongan baterai yang terjadi selama digunakan sambil dilakukan pengisian daya tentunya dapat membuat baterai menjadi kehilangan kapasitas seiring dengan berjalannya waktu.

Hal ini tentunya akan mengurangi usia pakai baterai dan mungkin membuat pengguna perlu melakukan penggantian baterai lebih awal.

Sebenarnya baterai laptop akan tetap dapat digunakan dalam jangka waktu panjang meskipun sambil dilakukan pengecasan pada saat sedang digunakan.

Namun, umumnya hanya akan memakan waktu selama 3 tahun hingga akhirnya efisiensi baterai laptop mulai menurun.

Untuk meminimalisir dampak ini, pengguna disarankan untuk menghindari kebiasaan menggunakan laptop sambil dilakukan pengisian daya atau pengecasan secara terus menerus dan memberikan waktu istirahat pada baterai laptop di antara sesi penggunaan yang intensif.


Jangan Gunakan Laptop Saat Melakukan Pengecasan! 3 Dampak Negatif Ini yang Dapat Terjadi-freepik-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber