Meningkatkan Kinerja Publik, Evaluasi dan Standar Pelayanan di Kemenkumham Sumsel

Meningkatkan Kinerja Publik, Evaluasi dan Standar Pelayanan di Kemenkumham Sumsel

Meningkatkan Kinerja Publik, Evaluasi dan Standar Pelayanan di Kemenkumham Sumsel--foto/ dok. Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan menggelar Kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2023, Assesment Kinerja, dan Pendampingan Penyusunan Standar Pelayanan Satuan Kerja.

Acara ini diawali oleh Plh. Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Bambang Haryanto, yang bertempat di Ballroom Hotel The ALTS, pada Rabu, 21 Februari.

Bambang Haryanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan rapat koordinasi ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan kinerja yang mungkin terjadi pada tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk memaksimalkan capaian dan target di tahun 2024.

Selain itu, kegiatan penyusunan standar pelayanan, yang diikuti oleh para operator pelayanan publik, bertujuan untuk mengevaluasi standar pelayanan di seluruh satuan kerja.

BACA JUGA:Terbaru! SUV Chery Tiggo 5X Tawarkan Harga Mulai dari Rp249 Juta, Khusus di IIMS 2024!

"Saya juga menekankan kepada semua satuan kerja untuk menerapkan standar pelayanan sebagai tolak ukur pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, dan terukur bagi pengguna layanan," tegas Bambang.

Acara ini dihadiri oleh seluruh pimpinan tinggi, pejabat administrator, dan pengawas Kantor Wilayah, para kepala UPT Pemasyarakatan/Imigrasi di lingkungan Kanwil Sumsel, serta para operator pelayanan.

Rahmi Widhiyanti, Kepala Divisi Administrasi, menambahkan bahwa tema rapat koordinasi tahun 2024 adalah 'Kanwil Sumsel Semakin Berkinerja'. Evaluasi melibatkan beberapa aspek, seperti Realisasi Anggaran, Capaian IKPA dan SMART Tahun 2023, Standar Pelayanan Publik Berbasis HAM, dan Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM.

Sebagai bentuk apresiasi, 15 UPT berkinerja terbaik selama tahun 2023 diberikan penghargaan dalam lima kategori penilaian. Rangkaian rapat koordinasi ini juga dimeriahkan dengan diskusi panel, di mana berbagai narasumber dari berbagai lembaga seperti Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Selatan, Kepala Kantor Wilayah Perbendaharaan, Kepala BPKP, dan Kepala BKN memberikan pandangannya.


Meningkatkan Kinerja Publik, Evaluasi dan Standar Pelayanan di Kemenkumham Sumsel--foto/ dok. Kemenkumham Sumsel

Narasumber internal Kemenkumham juga turut berkontribusi, antara lain dari Inspektorat Jenderal, Biro Perencanaan/Reformasi Birokrasi, Biro Humas Hukum dan Kerjasama, serta Biro Pengelolaan BMN dan UKPBJ.


Meningkatkan Kinerja Publik, Evaluasi dan Standar Pelayanan di Kemenkumham Sumsel--foto/ dok. Kemenkumham Sumsel

Semua kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arah dan dorongan bagi Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan agar semakin meningkatkan kinerjanya dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber