Efisiensi Bahan Bakar Toyota Fortuner Tidak Semahal yang Anda Bayangkan!

Efisiensi Bahan Bakar Toyota Fortuner Tidak Semahal yang Anda Bayangkan!

Efisiensi Bahan Bakar Toyota Fortuner Tidak Semahal yang Anda Bayangkan!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Konsumsi bahan bakar Fortuner baru dikatakan lebih irit dibandingkan pendahulunya karena lebih bertenaga. Toyota Fortuner yang merupakan salah satu mobil terlaris di Indonesia ini memiliki dua jenis mesin yaitu bensin dan solar

Namun versi diesel lebih populer di kalangan pelanggan Toyota di Indonesia. Lantas seperti apa spek dan konsumsi bahan bakar yang ditawarkan? Apakah lebih boros? Berikut Paltv rangkum seluruh informasi mengenai konsumsi BBM Fortuner terbaru:

Spesifikasi dan Perbandingan Konsumsi BBM Fortuner Bensin Vs Diesel

Nama Fortuner sendiri diambil dari bahasa Inggris “Fortune” yang berarti nasib baik. Kendaraan utilitas (SUV) ini merupakan produk Toyota Jepang dan sudah lama dijual di Indonesia. Toyota membangun mobil ini dengan platform IMV yang mencakup Toyota Hilux dan Toyota Kijang Innova.

SUV ini tidak hanya laris manis di pasar dalam negeri, namun hingga kini menjadi salah satu produk utama yang diekspor PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ke berbagai negara, termasuk negara tetangga.

BACA JUGA:Goa Kontamale: Destinasi Wisata Air Tersembunyi di Wakatobi yang Memikat Hati

Sedangkan untuk mesin bensin, Toyota Fortuner masih menggunakan mesin 2TR-FE berkapasitas 2.7L dual VVT-i. Mesin bertenaga 2,4 liter ini menghasilkan tenaga maksimum sebesar 163 PS pada putaran mesin 3.400 rpm dan torsi maksimum 242 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Mesin dieselmasih menggunakan empat silinder 2GD-FTV dan dilengkapi teknologi variable nozzle turbo (VNT) serta intercooler. Mesin bertenaga 2,4 liter ini menyemburkan tenaga maksimum sebesar 149,6 hp pada putaran mesin 3.400 rpm dan torsi maksimum 400 Nm pada putaran mesin 1.600 hingga 2.000 rpm.

Pilihan sistem transmisi manual hanya terdapat pada tipe G. Selain itu, tipe G hanya tersedia dengan sistem penggerak 4×2. Pilihan mesin bensin hanya terdapat pada varian GR Sport 2.7 L, sedangkan sistem penggerak 4x4 hanya terdapat pada varian baru GR Sport 2.8 L.Dalam praktiknya, terdapat beberapa metode dalam menghitung konsumsi bahan bakar. 

Cara pengukurannya sendiri tergantung pada permukaan jalan yang Anda lalui, yaitu dalam kota dan luar kota.Berdasarkan data yang dihimpun, untuk city trip, Toyota Fortuner bensin mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar rata-rata 9 km per liter.


Efisiensi Bahan Bakar Toyota Fortuner Tidak Semahal yang Anda Bayangkan!--Foto: instagram@toyota_fortuner_klub_

Angka tersebut bisa dicapai meski jalanan kerap macet dan terkadang terhalang. Sedangkan jika mobil digunakan di jalan luar kota, konsumsi bahan bakar Toyota Fortuner bensin mencapai 11 km per liter. 

Hasil ini terjadi baik dalam kondisi senyap maupun jarak jauh.Untuk Toyota Fortuner versi diesel, jarak tempuh dalam kota sekitar 12 km/L. Praktik stop and go akan membuat lalu lintas lebih mungkin untuk menjual. Belakangan, dalam perjalanan antar kota, Toyota Fortuner diesel mencatatkan konsumsi bahan bakar sekitar 16 km/L. Mengingat bodi mobilnya sangat besar, angka tersebut cukup mengesankan.

Tips menghemat bahan bakar, selain efisiensi dan penggunaan bahan tips membuat konsumsi BBM mobil irit bakar, gaya berkendara Anda juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar Fortuner Anda. Sahabat Auto menawarkan tips berkendara hemat bahan bakar yang bisa diterapkan dalam berkendara sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber