Bukan Hanya Satu! Berikut 5 Jenis Transmisi Mobil Dengan Keunggulannya Masing-Masing

Bukan Hanya Satu! Berikut 5 Jenis Transmisi Mobil Dengan Keunggulannya Masing-Masing

Bukan Hanya Satu! Berikut 5 Jenis Transmisi Mobil Dengan Keunggulannya Masing-Masing--Foto : freepik-freepik.jpg

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sistem transmisi merupakan bagian dari kendaraan baik pada mobil maupun sepeda motor yang terdapat pada mesin kendaraan.

Sistem transmisi ini mempunyai fungsi untuk dapat mengubah kecepatan dan tenaga putar, sistem akan bekerja dengan cara melakukan pemindahan tenaga yang dihasilkan oleh mesin pada diferensial.

Terdapat beberapa fungsi dari transmisi ini yaitu: untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan mesin kendaraan dari kopling menuju poros propeller, membuat kendaraan yang beroda empat atau lebih bisa berjalan mundur, dan memungkinkan kendaraan berada pada posisi berhenti meskipun keadaan mesin masih dalam kondisi menyala.

Setiap jenis kendaraan khususnya pada mobil tentunya mempunyai transmisi yang berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada bagaimana cara melakukan perpindahan gigi atau transmisi.

BACA JUGA:Berapa Lama Umur Transmisi Matic Mobil? Simak Faktor yang Dapat Memperpendek Umur Transmisi Matic

Memasuki era perkembangan teknologi dan berbagai inovasi seperti saat ini, perkembangan yang terjadi pada dunia otomotif terbilang sangat pesat.

Hal tersebut tentunya terlihat dari berbagai fitur mobil yang semakin beragam, termasuk pada sistem transmisi mobil.

Untuk saat ini transmisi mobil terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis transmisi mobil yang ada saat ini dengan berbagai perbedaan yang dimiliki dari segi operasionalnya dengan keunggulannya masing-masing.

BACA JUGA:Sebelum Beli Mobil Matic, Ketahui 4 Jenis Transmisi dan Fungsinya


Transmisi manual merupakan jenis transmisi yang dapat dikatakan paling lama dan banyak digunakan--Foto : Freepik.com/freepik

 

Transmisi manual

Transmisi manual merupakan jenis transmisi yang dapat dikatakan paling lama dan banyak digunakan, bahkan penggunaan transmisi manual ini masih digunakan untuk segala jenis mobil hingga saat ini.

Mulai dari mobil-mobil dengan harga yang murah hingga mobil-mobil mewah. Banyaknya penggunaan transmisi manual ini tentu karena fungsinya yang mampu meningkatkan akselerasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber