Sebelum Beli Mobil Matic, Ketahui 4 Jenis Transmisi dan Fungsinya

Sebelum Beli Mobil Matic, Ketahui 4 Jenis Transmisi dan Fungsinya

Sebelum beli mobil matic, ketahui 4 Jenis transmisi dan fungsinya.--pexels.com/@muhammet-raşit-kaplan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ada empat model transmisi yang diterapkan pada berbagai merek mobil di Indonesia, yaitu matic konvensional, CVT, DCT, dan AMT.

Setiap jenis transmisi ini memiliki teknologi dan keunggulan yang berbeda. Meskipun mudah dikendarai, pengemudi perlu adaptasi untuk merasakan perpindahan gigi.

Jangan bingung, pahami perbedaan masing-masing transmisi mobil matic.

1. Matic Konvensional

BACA JUGA: 7 Tips Mendapatkan Mobil SUV Impian Anda Agar Tidak Salah Pilih

Transmisi ini, dikenal sebagai matic tua, menggunakan torque converter untuk penyaluran torsi. Meskipun sederhana, beberapa mobil masih menggunakannya.

2. CVT

Continuous Variable Transmission membuat kerja mesin lebih ringan, meningkatkan konsumsi BBM, dan memberikan perpindahan gigi yang halus melalui perubahan diameter puli.

3. DCT

BACA JUGA:Kenapa ya ? Motor keluarkan asap putih meski baru ganti oli! Ini Jawabannya

Dual Clutch Transmission mengandalkan dua poros terpisah dengan kopling untuk persneling ganjil dan genap. DCT memberikan akselerasi responsif dan perpindahan gigi cepat.

4. AMT

Automated Manual Transmission menggunakan model manual dengan kopling otomatis. Meski kurang populer di Indonesia, AMT responsif untuk digunakan di perkotaan.

Jangan khawatir tentang dana, karena layanan Kredit Mobil dari dikutip dari Adira Finance dapat membantu Sahabat memiliki mobil impian dengan skema pembayaran yang dicicil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber