Jarum Penunjuk Bahan Bakar Tidak Bergerak? Inilah 6 Penyebab Indikator Bahan Bakar yang Tidak Berfungsi!

Jarum Penunjuk Bahan Bakar Tidak Bergerak? Inilah 6 Penyebab Indikator Bahan Bakar yang Tidak Berfungsi!

Jarum Penunjuk Bahan Bakar Tidak Bergerak? Inilah 6 Penyebab Indikator Bahan Bakar yang Tidak Berfungsi!-senivpetro-freepik

Jika terdapat jalur kelistrikan yang terputus tentunya dapat menyebabkan terjadinya kegagalan pada beberapa komponen sepeda motor termasuk indikator bahan bakar.

Tidak tersedianya arus listrik yang diterima oleh jarum penunjuk akan membuatnya menjadi tidak dapat bergerak dan berfungsi. Untuk melakukan pemeriksaan, pengendara dapat menggunakan tespen test lamp pada jalur kelistrikan yang ditandai.

Terjadinya Kerusakan Pada Komponen Fuel Sensor

Penyebab indikator bahan bakar sepeda motor yang tidak berfungsi dapat terjadi karena komponen pada fuel sensor yang mengalami kerusakan.

Jika fuel sensor mengalami kerusakan, maka pengendara harus segera dilakukan penggantian komponen yang mengalami kerusakan tersebut.

BACA JUGA:Gagal Antarkan Ganjar Sebagi Presiden RI, Suara PDIP Kecolongan di Kandang Sendiri?

Komponen Aki yang Mengalami Kerusakan

Penyebab dari indikator bahan bakar tiba-tiba menjadi tidak berfungsi dapat disebabkan karena komponen aki motor yang mengalami kerusakan.

Kondisi aki motor yang mengalami kerusakan dapat berpengaruh pada indikator bahan bakar pada mesin menjadi kurang akurat.

Jika komponen aki motor rusak atau mengalami aus, maka indikator bahan bakar tentunya praktis menjadi tidak menyala.

Pengendara dapat mengecek apakah kondisi aki motor berada dalam keadaan normal atau tidak. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menyalakan sepeda motor menggunakan starter elektrik dan jika dapat menyala dengan lancar berarti aki motor terbilang cukup aman.

Selanjutnya lakukan pengecekan pada bagian suara klakson, jika suara klakson masih terdengar nyaring maka kondisi aki motor masih terbilang baik.

Pelampung Bahan Bakar yang Bermasalah

Pelampung bahan bakar juga dapat menjadi salah satu komponen yang perlu diperhatikan pada saat indikator bahan bakar pada sepeda motor tidak berfungsi.


Jarum Penunjuk Bahan Bakar Tidak Bergerak? Inilah 6 Penyebab Indikator Bahan Bakar yang Tidak Berfungsi!-freepik-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber