Jarum Penunjuk Bahan Bakar Tidak Bergerak? Inilah 6 Penyebab Indikator Bahan Bakar yang Tidak Berfungsi!

Jarum Penunjuk Bahan Bakar Tidak Bergerak? Inilah 6 Penyebab Indikator Bahan Bakar yang Tidak Berfungsi!

Jarum Penunjuk Bahan Bakar Tidak Bergerak? Inilah 6 Penyebab Indikator Bahan Bakar yang Tidak Berfungsi!-senivpetro-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Komponen indikator bahan bakar ini merupakan salah satu alat yang mempunyai peran cukup penting untuk menunjukkan volume bahan bakar yang tersisa pada tangki sebuah sepeda motor.

Dengan adanya penunjuk jarum pada indikator bahan bakar, pengendara dapat mengetahui kondisi bahan bakar yang cukup atau tidak dalam melakukan perjalanan.

Masalah ini akan mulai terjadi saat jarum penunjuk selalu pada posisi E padahal bahan bakar masih terdapat pada tangki motor. Jika pengendara tidak segera menyadarinya, maka dapat menyebabkan mesin motor akan menjadi berhenti bekerja.

Lalu, apa saja penyebab dari indikator bahan bakar yang tidak berfungsi? Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan komponen indikator bahan bakar menjadi tidak berfungsi dan membuat pengendara tidak mengetahui kondisi bahan bakar yang masih tersedia di dalam tangki motor.

BACA JUGA:Mengapa Memilih Cat Besi Berkualitas Tinggi untuk Mengaplikasikan di Bidang Cat Anda?

Speedometer yang Error atau Bermasalah

Penyebab indikator bahan bakar tidak dapat berfungsi dapat dikarenakan oleh speedometer yang error atau bermasalah. Speedometer mempunyai berbagai komponen elektronik yang sangat banyak, jadi pada saat indikator bahan bakar pada sepeda motor tidak dapat menyala.

Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat beberapa komponen elektronik pada speedometer yang bermasalah baik karena terputus atau mengalami konslet.

Meskipun permasalahan ini sangat jarang terjadi, namun kerusakan pada speedometer ini ternyata sangat sulit untuk diperbaiki.

Untuk melakukan pemeriksaan, pengendara dapat melepas cup speedometer dan juga berbagai komponen lainnya. Selanjutnya, periksa dengan menggunakan pengukur AVO.

Sistem Kelistrikan yang Terputus

Kelistrikan pada sepeda motor mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu untuk dapat mengalirkan sinyal dan arus dari fuels sensor.


Jarum Penunjuk Bahan Bakar Tidak Bergerak? Inilah 6 Penyebab Indikator Bahan Bakar yang Tidak Berfungsi!-master1305-freepik

Jika terdapat kondisi kabel yang ternyata putus, maka listrik tentunya tidak akan tersalurkan sehingga dapat menyebabkan indikator bahan bakar yang tidak dapat berfungsi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber