Media Luar Soroti Pemilu RI jadi Topik Utama, Hingga Prabowo Unggul Dalam Hitung Cepat (Quick Count)

Media Luar Soroti Pemilu RI jadi Topik Utama,  Hingga Prabowo Unggul Dalam Hitung Cepat (Quick Count)

Media Luar Soroti Pemilu RI jadi Topik Utama, Hingga Prabowo Unggul Dalam Hitung Cepat (Quick Count)--

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Pada Rabu, 14 Februari 2024, sejumlah media asing menyoroti pemilihan umum atau pemilu di Indonesia sebagai headline utama dalam pemberitaannya.

Media-media ternama seperti British Broadcasting Corporation (BBC) dari Inggris, The Guardian, Aljazeera dari Timur Tengah, NHK World dari Jepang, hingga Channel News Asia (CNA) dari Singapura mengangkat berita mengenai proses pemilu di Indonesia.

BBC memberikan sorotan khusus terhadap pemilu presiden secara langsung, mengikuti perkembangan dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Papua hingga Jawa Tengah.

Mereka mencatat tantangan logistik yang dihadapi, terutama terkait dengan banjir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Apa yang Menyebabkan Beras Langka dan Harga Diatas HET? Ini Penjelasannya

Pemberitaan BBC juga mencakup kunjungan Capres Anies Baswedan, Capres Ganjar Pranowo, Capres Prabowo Subianto, dan Presiden Joko Widodo saat menggunakan hak suaranya di TPS.

Sementara The Guardian dari Inggris tidak hanya memberikan latar belakang tentang ketiga calon presiden, tetapi juga membahas skala pemilu Indonesia yang dinilai sebagai salah satu yang terbesar oleh International Foundation for Electoral Systems.

Mereka menyoroti tantangan logistik yang harus diatasi, termasuk penggunaan berbagai jenis kendaraan untuk menyalurkan surat suara ke lebih dari 820 ribu TPS.

Aljazeera dari Timur Tengah juga mengikuti perkembangan pemungutan suara di Indonesia secara langsung, dengan memberikan analisis dari para pakar tentang demokrasi di Indonesia, harapan pemilih terhadap presiden terpilih, serta dekorasi unik dan menarik di beberapa TPS.

BACA JUGA:MG Merilis Mobil Listrik Terbaru: MG ES EV dan MG Maxus 9

NHK World dari Jepang menampilkan ketiga wajah kandidat calon presiden secara prominent di halaman utama situs web mereka.

Mereka menekankan bahwa fokus dari pemilu di Indonesia adalah memilih untuk melanjutkan kebijakan Presiden Joko Widodo atau mengupayakan reformasi.

Channel News Asia (CNA) dari Singapura juga memperhatikan pemilu di Indonesia sebagai fokus utama pemberitaan.

Mereka menyoroti fakta bahwa Indonesia, sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, untuk pertama kalinya dalam 15 tahun mengadakan pemilihan calon presiden dan wakil presiden dengan tiga kandidat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber