Antusiasme Penyandang Disabilitas dalam Menggunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024

Antusiasme Penyandang Disabilitas dalam Menggunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024

Antusiasme Penyandang Disabilitas dalam Menggunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024--Foto : Ekky - PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - 14 Februari 2024  Pesta demokrasi pada tanggal ini menjadi momen yang bersejarah bagi seluruh warga negara Indonesia yang memiliki hak suara, termasuk juga para penyandang disabilitas.

Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 37, RT 30 RW 05, di Kampung Tunanetra Palembang, para penyandang disabilitas menunjukkan antusiasme luar biasa dalam menggunakan hak pilih mereka sebagai warga negara Indonesia.

Penyandang disabilitas di dampingi oleh keluarga atau KPPS untuk memastikan mereka dapat mencoblos dengan lancar. Ketua TPS 37, Nuryadi, menyatakan bahwa proses pemilihan di TPS ini melibatkan sekitar 60 dari total 214 Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah penyandang disabilitas.

"Pada tahun ini, TPS tidak hanya diperuntukkan bagi penyandang disabilitas tetapi juga untuk keluarga mereka, sehingga partisipasi lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya," kata Nuryadi.

BACA JUGA:Sinergi Kemenkumham Sumsel dan Gubernur dalam Rapat Persiapan Pemilu 2024


Disabilitas dalam Menggunakan Hak Pilih pada Pemilu 2024--Foto : Ekky - PALTV

 

Salah satu warga penyandang disabilitas, Andre Agasi, mengungkapkan bahwa meskipun menghadapi beberapa kendala, seperti ukuran surat suara yang besar, proses pemilihan berjalan lancar berkat bantuan dari petugas KPPS.

"Kami, sebagai pasangan penyandang disabilitas, merasa penting untuk menggunakan hak pilih kami sebagai warga negara Indonesia," tambahnya.


Antusiasme dan partisipasi para penyandang disabilitas ini menunjukkan semangat demokrasi yang inklusif di Indonesia--Foto : Ekky - PALTV

Antusiasme dan partisipasi para penyandang disabilitas ini menunjukkan semangat demokrasi yang inklusif di Indonesia. Hal ini menandai langkah maju dalam memastikan bahwa hak politik semua warga negara, termasuk yang memiliki disabilitas, diakui dan dihormati sepenuhnya dalam proses demokrasi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id