Penggunaan Laptop yang Cepat Panas? Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Panas atau Mengalami Overheat!

Penggunaan Laptop yang Cepat Panas? Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Panas atau Mengalami Overheat!

Penggunaan Laptop yang Cepat Panas? Inilah 7 Cara Mengatasi Laptop Panas atau Mengalami Overheat!--Foto : Freepik.com/@benzoix

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Laptop yang cepat panas atau mengalami overheat merupakan salah satu masalah umum yang sering terjadi pada Laptop dan menjadi penyebab yang membuat usia pakai Laptop lebih pendek.

Meskipun mempunyai kipas pendingin dan pengatur sirkulasi udara, terkadang laptop masih bisa mengalami overheat akibat kurang memperhatikan perawatan dan penggunaan laptop.

Panas yang berlebihan pada laptop akan membuat kinerja dari laptop menjadi lambat, hang, atau bahkan not responding.

Laptop yang mengalami overheat mempunyai ciri yang mudah dirasakan yaitu pada bagian bawah laptop akan terasa panas melebihi batas normal.

BACA JUGA:Laptop Mengalami Overheat? Inilah 5 Penyebab Kondisi Laptop yang Cepat Panas!

Jika hal tersebut terjadi, biasanya laptop akan menjadi mati sendiri karena adanya pengaturan otomatis dalam BIOS yang akan mematikan laptop untuk dapat melindungi hardware karena dampak panasnya laptop.

Lalu, bagaimana cara mengatasi laptop yang cepat panas atau overheat? Berikut ini beberapa cara mengatasi kondisi penggunaan laptop yang cepat panas atau mengalami overheat.

 

Mengatur Posisi Laptop Dengan Tepat

Kebiasaan meletakkan posisi laptop di atas bantal atau kasur ternyata dapat mengganggu proses sirkulasi udara khususnya pada saat laptop sedang digunakan.

BACA JUGA:Cara Mengecas Laptop yang Benar? Inilah 6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pengisian Daya Baterai Laptop!

Lubang sirkulasi bisa menjadi tertutup akibat terhalang oleh kasur dengan jenis material yang dapat menyerap energi panas dari laptop. Selain itu, pengguna juga perlu untuk menjauhkan laptop dari sinar paparan matahari secara langsung maupun suhu ruangan yang tinggi.

 

Kurangi Intensitas Penggunaan Laptop

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber