DBD Meningkat, Dinas Kesehatan Kota Palembang Gencarkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

DBD Meningkat, Dinas Kesehatan Kota Palembang Gencarkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

DBD meningkat, Dinkes Palembang gencarkan pemberantasan sarang nyamuk, Rabu (7/2/2024).-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mengantisipasi peningkatan kasus DBD di musim hujan, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kesehatan mulai menggencarkan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gertak PSN) Lintas Sektoral. Salah satunya di wilayah Kecamatan Ilir Timur II, pada hari Rabu, 7 Februari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Palembang Fenty Aprina melalui Kabid SDK Dinkes Palembang Sri Yulia Ningsih mengatakan, hingga minggu pertama Februari ini, di Palembang tercatat 216 kasus DBD dengan 7 orang pasien meninggal dunia, atau meningkat signifikan ketimbang sepanjang 2023 lalu yang tercatat 756 kasus.

Mengantisipasi DBD semakin meningkat, Dinkes Palembang menggencarkan Gertak PSN dengan 3M di 18 Kecamatan dan menjadikan fogging sebagai langkah akhir.

“Kalau di 2023 kemarin ada 756 kasus. Kalau di 2024, per kemarin ada 216 kasus. Jadi, sudah mulai naik kalau untuk kategori kasus,” kata Kabid SDK Dinkes Palembang, Sri Yulia Ningsih.

BACA JUGA:Ini Tampang 2 Pelaku Begal Sadis yang Tewaskan Mahasiswi Unsri di Tanjung Senai Kabupaten Ogan Ilir


Dinas Kesehatan Kota Palembang mulai menggencarkan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gertak PSN) Lintas Sektoral, salah satunya di wilayah Kecamatan Ilir Timur II, Rabu (7/2/2024).-Sandy Pratama-PALTV

Sementara itu, Camat Ilir Timur II Palembang, Septa Marus menjelaskan, di Kecamatan Ilir Timur II terdapat 14 kasus DBD, dan sampai saat ini para pasien sudah sehat.

“Di Kecamatan Ilir Timur II ini ada 14 kasus. Sampai saat ini, kondisi pasien terus kami pantau dan sudah kembali sehat. Kami mengajak masyarakat gerakan serentak memberantas sarang nyamuk,” jelas Septa Marus.

Kepala Puskesmas 5 Ilir Palembang, Irma Wijaya Kusuma meminta masyarakat yang merasa sakit segera melapor untuk mendapatkan pertolongan secara cepat dan tepat.

Masyarakat diimbau untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M, untuk memutus mata rantai DBD, mengingat fogging hanya efektif mengatasi nyamuk dewasa.

BACA JUGA:2 Pembegal dan ‘Penuja’ Mahasiswi Unsri di Tanjung Senai Berhasil Ditangkap di Muara Enim


Mengantisipasi DBD semakin meningkat, Dinkes Palembang menggencarkan Gertak PSN dengan 3M di 18 Kecamatan dan menjadikan fogging sebagai langkah akhir, Rabu (7/2/2024).-Sandy Pratama-PALTV

“Kita mengdukasi masyarakat ya. Apabila mereka merasakan sakit, segera melapor untuk mendapatkan pertolongan. Jadi jangan dibiarkan lama-lama. Karena kalau diatasi secara dini, bisa diobati secara cepat dan tepat,” Imbau Kepala Puskesmas 5 Ilir Palembang, Irma Wijaya Kusuma.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv