Cara Mengecas Laptop yang Benar? Inilah 6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pengisian Daya Baterai Laptop!

Cara Mengecas Laptop yang Benar? Inilah 6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pengisian Daya Baterai Laptop!

Cara Mengecas Laptop yang Benar? Inilah 6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pengisian Daya Baterai Laptop--Foto : Freepik.com/freepik

BACA JUGA:9 Cara Sederhana Untuk Mengetahui Laptop Rekondisi Agar Tak Tertipu Barang Murah

 

Menggunakan Charger Original

Dalam melakukan pengisian daya baterai laptop, pengguna perlu menggunakan charger original. Hal ini dikarenakan kecepatan baterai laptop pada saat menggunakan charger original sudah disesuaikan dengan spesifikasi perangkat laptop tersebut.

Menggunakan charger yang tidak original dapat menyebabkan arus menjadi tidak stabil sehingga dapat menyebabkan baterai menjadi cepat bocor, memanas, hingga rusak.

Hal ini umumnya disebabkan oleh arus yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Selain itu, antarmuka USB juga dapat berisiko menjadi rusak karena tegangan yang dikeluarkan oleh kepala charger tidak stabil dan akan mempengaruhi status USB perangkat.

BACA JUGA:MSI Creator 17, Laptop Canggih dengan Teknologi Mini LED


Dalam melakukan pengisian daya baterai laptop, pengguna perlu menggunakan charger original--Foto : Freepik.com/freepik

 

Perhatikan Suhu Laptop Saat Melakukan Pengecasan

Memperhatikan suhu laptop saat melakukan pengecasan merupakan hal yang tidak kalah penting. Pada saat melakukan pengisian daya, memantau suhu laptop merupakan hal yang penting.

Pengguna tidak boleh membiarkan kondisi laptop overheat atau mempunyai panas berlebihan pada saat sedang dilakukan pengisian daya, karena hal tersebut dapat membuat baterai dan komponen lainnya menjadi rusak.

Pastikan juga laptop ditempatkan pada permukaan yang datar dan keras pada saat melakukan pengisian daya untuk dapat memastikan ventilasi dan pendingin dapat berfungsi dengan baik.

Hindari untuk menutup laptop pada saat sedang dilakukan pengecasan untuk dapat memastikan sirkulasi udara yang cukup.

Selanjutnya, jangan mengecas laptop pada area yang terkena sinar matahari langsung atau berada dekat dengan perangkat pemanas seperti AC atau lemari es.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber