Komponen Roller Pada CVT, Inilah 3 Fungsi Roller Pada Komponen CVT Terhadap Motor Matic!

 Komponen Roller Pada CVT, Inilah 3 Fungsi Roller Pada Komponen CVT Terhadap Motor Matic!

Komponen Roller Pada CVT? Inilah 3 Fungsi Roller Pada Komponen CVT Terhadap Motor Matic!--Foto: instagram-hpz.surabaya

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Sepeda motor dengan jenis matic tentunya menggunakan sistem Continuously Variable Transmission atau CVT yang dapat membuat perpindahan gigi terjadi secara otomatis.

Salah satu komponen yang terdapat di dalam Continuously Variable Transmission atau CVT ini yaitu komponen roller.

Continuously Variable Transmission atau CVT ini dianggap menjadi sistem transmisi yang paling tepat untuk digunakan berkendara dengan sepeda motor di perkotaan.

Di dalam komponen CVT terdapat peran penting dari roller yang jika tidak dilakukan perawatan dapat mempengaruhi performa dan kinerja dari sepeda motor.

Perpindahan gigi pada sepeda motor yang menggunakan sistem CVT ini bekerja dengan cara mendeteksi perubahan RPM pada mesin motor.

BACA JUGA:Banyak yang belum tahu! Hindari 10 Makanan Ini Setelah Menikmati Buah Durian

Roller pada CVT di motor matic berfungsi untuk memberikan tekanan pada pulley agar dapat bergerak.

Terdapat tiga bagian yang ada di dalam CVT ini yaitu drive belt, pulley primer, dan pulley sekunder. Komponen pulley primer terhubung dengan mesin. 

Sementara pulley sekunder berhubungan dengan roda belakang. Keduanya bisa mempunyai diameter yang berubah-ubah, perubahan pulley ini dapat terjadi karena roller yang bekerja.

Kelebihan yang dimiliki oleh motor matic yaitu sistem otomatis, sehingga pengendara hanya perlu mengendalikan gas dan rem saja.

Komponen Continuously Variable Transmission atau CVT menjadi sistem vital dalam menciptakan perpindahan gigi otomatis pada motor matic.

Peran roller pada sistem CVT ini terbilang sangat besar dengan berbagai fungsi yang dihasilkan. Lalu, apa saja fungsi dari roller yang terdapat pada komponen CVT ini?


Komponen Roller Pada CVT? Inilah 3 Fungsi Roller Pada Komponen CVT Terhadap Motor Matic!--foto: instagram-tdrmitra2000

Berikut ini beberapa fungsi dari roller terhadap sebuah motor matic dan membuatnya menjadi salah satu bagian penting dari komponen CVT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber