Bisa dan Mudah Diamalkan, Ini Cara Menenangkan Hati Saat Diterpa Musibah

Bisa dan Mudah Diamalkan, Ini Cara Menenangkan Hati Saat Diterpa Musibah

Cara menenangkan hati saat diterpa musibah.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kehidupan manusia di dunia memang tak bisa lepas dari ujian dan cobaan. Sudah menjadi hal yang wajar jika seseorang saat diterpa musibah akan merasa sedih.

Namun, musibah yang datang tidak serta-merta sebagai suatu hal yang buruk. Di balik terjadinya musibah, sesungguhnya ada hikmah yang terkandung di dalamnya.

Seorang yang diterpa musibah cenderung beranggapan bahwa musibah adalah penderitaan dalam kehidupan.

Baik itu musibah, teguran, hingga bencana, merupakan sebuah cobaan dari Allah SWT. Tinggal bagaimana cara kita menghadapi musibah tersebut sesuai dengan tuntunan Islam.

BACA JUGA:Belum Bertemu Jodoh di Usia Matang, Tetaplah Berprasangka Baik kepada Allah SWT


Seorang yang diterpa musibah cenderung beranggapan bahwa musibah adalah penderitaan dalam kehidupan.--freepik.com/@jcomp

Kita semua pasti merasa bersedih dengan kondisi musibah yang terjadi. Kesedihan itu adalah hal yang wajar dan hal ini sangat manusiawi.

Namun, jika memaknai musibah lebih dalam, kita akan menyadari bahwa semua itu sunatullah sebenarnya.

Tak akan pernah putus dari musibah dan ujian hidup bagi setiap manusia yang ditakdirkan oleh Allah SWT untuk menguji keimanannya.

Itulah sebabnya orang-orang yang beriman jika merasa sedih dengan musibah yang terjadi kemudian mereka akan menghibur diri dengan mengucapkan “innalillaahi wainna ilaihi rojiun” yang artinya, “Sesungguhnya segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembali pada-Nya.”

BACA JUGA:Kegigihan Gowes Sepeda ke Tanah Suci, Petualangan Religius Pemuda Indonesia dari Karimun Kepulauan Riau

Berikut paltv.co.id rangkum cara menenangkan hati saat diterpa musibah dalam Islam, yang dapat dipraktikkan untuk membantu meringankan penderitaan dan kesedihan.


Salat dapat membantu menjaga ketenteraman hati dan mampu mengatasi segala permasalahan emosional yang dirasakan.--freepik.com/@rawpixel.com

Tenangkan Hati dengan Salat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber